Bisakah Tempat Sampah Unik Ini Melakukan Tugasnya?

screenshoot dari Amazon.com

Bentuknya unik. Bagaimana tidak, wujud tempat sampah unik ini menyerupai salah satu tokoh dalam film Star Wars yang mendunia, yaitu R2-D2 (Artoo Detoo). Dalam film itu figur ini adalah sebuah robot kecil dan suka wara wiri tetapi menguasai ribuan bahasa. Ia bisa menterjemahkan entah berapa banyak bahasa yang ada di jagad raya, termasuk bahasa Alien. Biasanya ia akan ditemani oleh android penakut C-3PO.

Nah, kali ini wujudnya dipakai sebagai bentuk sebuah tempat sampah yang bisa dibeli via Amazon dengan harga US$ 294.64 atau lebih dari 4 juta rupiah.

Menarik memang. Bahkan, idenya sangat bagus dan brilian. Tong sampah unik ini bisa membantu mengajarkan kepada anak-anak Indonesia tentang dimana seharusnya membuang sampah. Pelajaran yang sepertinya sulit sekali diserap oleh banyak orang di negara ini.

Dengan wujud yang lucu dan menarik, tentunya anak-anak akan tertarik dan pada akhirnya akan menjadikan dirinya akrab dengan si tong sampah R2-D2 ini. Hasil akhirnya, ketika besar, kebiasaan berteman dengan tempat sampah bisa membantu memberikan kesadaran tentang cara membuang sampah yang baik dan benar.

Iya kan?

Itu hanya dugaan saja karena latar belakang pembuatan tempat sampah unik ini tidak diketahui pasti.

Hanya saja, rasanya, mengingat karakter orang Indonesia, bisa jadi tong sampah lucu ini bisa menjadi tidak bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan benar.

Bagaimana tidak. Dengan harga lebih dari 4 juta rupiah, yang melebihi UMR Regional Jakarta 2018, rasanya akan banyak orang yang merasa sayang jika dikotori. Sangat mungkin terjadi adalah orangtua akan melarang anaknya membuang barang yang kotor, seperti sampah disana. Mungkin sekali tempat sampah yang seharusnya dipergunakan menampung barang tak berguna dan kotor ini justru berubah menjadi barang pajangan saja dan bukan tempat sampah.

Jadi, tetap ada kemungkinan yang kurang menyenangkan dalam hal tong sampah unik ini.

Menurut Anda bagaimana? Apakah si tempat sampah R2-D2 ini bisa menjalankan fungsinya dengan benar?

Subscribe to receive free email updates: