Cara Menuju Depok Dari Tanjung Priuk Dengan Commuter Line

Cara Menuju Depok Dari Tanjung Priuk Dengan Commuter Line

Cara Menuju Depok Dari Tanjung Priuk Dengan Commuter Line

Ada dua cara menuju Depok dari Tanjung Priuk dengan Commuter Line. Keduanya mudah dilakukan dan selisih waktunya tidak seberapa jauh. Jadi, keduanya bisa menjadi pilihan.

Kedua rute yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut :

  1. Dari Stasiun Tanjung Priuk bisa langsung menuju Stasiun Jakarta Kota dan kemudian darisana memakai CL tujuan Bogor/Depok dan turun di stasiun Depok
  2. Dari Stasiun Tanjung Priuk menuju Stasiun Kampung Bandan dan kemudian naik CL dari arah Jatinegara menuju Bogor/Depok
Yang manapun mudah. Penjelasan caranya ada di bawah ini.


A. Di Stasiun Tanjung Priuk

Beli Tiket Harian Berjaminan (THB) atau bisa memakai Flazz/Brizzi/e-Money yang sudah diaktifkan (Untuk cara mengaktifkannya bisa lihat di sini ). 

Kalau memakai THB, pastikan pada saat memesan karcis Anda menyebutkan stasiun tujuan akhir. Dalam hal ini Depok. Meskipun Anda harus melakukan transit satu kali, tetapi jangan sebutkan stasiun transit untuk menghindari saldo yang kurang dan Anda harus keluar saat transit.

THB akan termasuk 10 ribu rupiah yang jaminan yang bisa direfund di stasiun tujuan.

B. Masuk Stasiun Tanjung Priuk/Priok

Untuk masuk ke stasiun Anda hanya perlu menempelkan THB tadi ke gerbang di tempat yang diberi tanda "TEMPEL DISIN". Kemudian, dorong batang besi ke depan. Kalau terjadi masalah, minta bantuan petugas yang biasanya akan berada di dekat pintu gerbang.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendengarkan pengumuman dimana kereta menuju Stasiun Jakarta Kota berada.

Setelah tahu di jalur mana sang CL berada, naik saja.

Nah, perhatikan. Perjalanan dari Tanjung Priok ke Kampung Bandan/Jakarta Kota tidak lama, jadi jangan sampai tertidur. Kalau memakai opsi ke-2, persiapkan diri karena stasiunnya hanya 2 stasiun dari Tanjung Priuk. Kalau stasiun Kota, 1 stasiun lebih jauh.

C. Di Stasiun Transit

Setelah CL sampai, turun di stasiun transit. Kemudian, sekali lagi dengarkan pengumuman dari announcer di stasiun atau bisa juga ditanyakan kepada petugas terdekat, di jalur mana Commuter Line menuju Depok/Bogor tersedia. Di stasiun Jakarta Kota biasanya ada di jalur/peron 10-12.

Bergegaslah menuju kesana dan naik.

Setalh itu silakan duduk saja (kalau memang masih tersedia).

D. Di Stasiun Tujuan (Depok)

Perjalanan dari Stasiun Jakarta Kota atau Kampung Bandan ke Depok akan makan waktu sekitar 1 jam kalau lancar. Oleh karena itu, istirahatlah sejenak.

Ketika announcer di kereta menyebutkan stasiun Pondok Cina, bersiaplah. Stasiun Depok Baru dan Depok (ada 2 stasiun di Depok) berada setelah stasiun ini dari arah Jakarta.

Sesampainya di stasiun tujuan, keluarlah dengan cara yang sama ketika masuk, yaitu menempelkan THB ke gerbang.

Setelah berada di luar jangan lupa pergi ke loket untuk mengambil kembali uang jaminan. Berikan saja kartunya ke petugas dan mereka akan menyerahkan Rp. 10 ribu kepada Anda.

E. Selesai

Begitulah penjelasan cara menuju Depok dari Tanjung Priuk dengan Commuter Line.

Have a nice trip!

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar