Jangan Mengeluh, Temukan Solusi : Tips Jack Ma #1

Jangan Mengeluh, Temukan Solusi : Tips Jack Ma #1

Jangan Mengeluh, Temukan Solusi : Tips Jack Ma @1
If you complain, you have to have a solution. If you don’t have a solution, don’t complain ~ Jack Ma
Kalau kamu mengeluh, kamu harus menemukan solusinya. Jika kamu tidak punya solusi, jangan mengeluh ~ Jack Ma

Mengeluh memang mudah. Bahkan, banyak orang menganggap bahwa hal itu membantu untuk bisa melegakan hati. Tetapi, pada kenyataannya, mengeluh tidak menghasilkan apa-apa. Masalah yang dikeluhkan tidak akan selesai dan terpecahkan.

Mungkin, dengan mengeluh saja, hati akan terasa lapang sebentar, tetapi setelah itu, kembali akan berat karena masalahnya belum dituntaskan dan akan kembali datang menghantui.

Justru sebaliknya, keluhan hanya akan membuat perasaan di hati menjadi semakin berat dan kacau balau. Kalau sudah begitu, hasilnya adalah otak susah berpikir untuk memecahkan masalah yang ada.

Kutipan yang keluar dari mulut pendiri Alibaba, sebuah perusahaan besar asal Tiongkok yang bergerak di bidang internet ini memang tepat sekali. yang ingin disampaikan orang terkaya nomor dua di negara berpenduduk 1,5 milyar itu adalah jangan buang waktu untuk mengeluh. Lebih baik pergunakan waktunya untuk mencari solusi dan pemecahan dari masalah apapun.

Sebab, dengan terpecahkannya masalah, maka hati akan terasa lega dan ringan. Beban yang ada sudah terangkat. Semua akan terasa ringan dan tidak akan ada lagi rasa galau.

Mudah memang mengatakan hal seperti ini, tetapi sulit untuk dijalankan. Hanya orang yang kuat saja yang pada akhirnya bisa menjalankan karena mengeluh merupakan sebuah hal yang paling mudah dilakukan. Tinggal membuka mulut dan mengeluarkan suara saja.

Berbeda dengan mencari solusi, yang berarti harus memeras otak dan berpikir. Melelahkan dan tidak menyenangkan.

Hanya saja, kalau ingin menjadi orang sukses, dalam hal apapun, mengeluh tidak akan menghasilkan apa-apa. Sebaliknya, berhenti mengeluh dan mulai mencari solusi akan bisa membawa seseorang ke jenjang lebih lanjut untuk mencapai tujuannya.

Yang mana yang Anda pilih adalah hak pribadi masing-masing.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar