Rumah Beria - Rumah Berhantu di Moskow

Rumah Beria - Rumah Berhantu di Moskow

Kedutaan Besar Tunisia di Rusia (Dulunya Rumah Beria) - Sumber Foto histrf
Benar atau tidak masih menjadi perdebatan. Lagipula, sesuatu seperti rumah berhanti sulit untuk dibuktikan secara kasat mata. Ada yang percaya, ada yang tidak. Tetapi, pihak Tunisia sepertinya satu yang tidak percaya tentang hal ini. Buktinya, mereka menjadikan salah satu bangunan yang dianggap menyeramkan di Moskow ini sebagai kedubesnya.

Yang dimaksud adalah Rumah Beria, The House of Beria. Namanya diambil dari seorang kepala polisi rahasia ketika negara itu di bawah kendali Stalin yang bertangan besi, Lavrentiy Beria. Polisi rahasia adalah organ kekuasaan dedengkot komunis itu yang sangat kuat dan ditakuti.

Rumah yang menjadi tempat tinggal salah satu pentolannya berada di 28 Malaya Nikitskaya Street.

Bangunan ini dikenal sebagai salah satu rumah berhantu di ibukota Rusia tersebut. Banyak orang menyebutkan bahwa mereka kerap mendengar suara mobil berhenti, menurunkan penumpang, dan suara percakapan, tetapi tidak ada satupun mobil atau orang yang terlihat.

Belum lagi, pintu yang kerap tertutup sendiri pada saat tidak ada angin berhembus. Suara langkah kaki pun kerap terdengar di dalam ruangan bangunan tersebut.

Staf dari kedutaan besar Tunisia pernah meminta agar kantor kedubesnya dipindahkan akibat hal-hal seperti itu, tetapi tidak dikabulkan.

Dugaannya adalah bahwa hal itu dikaitkan dengan kekejaman yang kerap dilakukan oleh sang penghuni rumah di masa lalu. Kekejaman polisi rahasia sudah merupakan sebuah catatan kelam dalam perjalanan kehidupan di negara komunis itu.

Cerita rakyat menyebutkan bahwa Beria, dengan kekuasaannya yang besar, kerap memaksa/menculik wanita cantik dari jalan untuk menemaninya dan membawanya pulang. Lalu, setelah puas menikmatinya, ia menembak kepala sang wanita.

Laurenti Beria menempati bangunan ini antara tahun 1930 hingga 1953.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar