Setiap Orang Berbeda, Tidak Ada Yang Sama : Tips Jack Ma #2

Setiap Orang Berbeda, Tidak Ada Yang Sama : Tips Jack Ma #2

Setiap Orang Berbeda, Tidak Ada Yang Sama : Tips Jack Ma #2

Setiap orang berbeda, tidak ada yang sama. Itulah inti dari pernyataan Jack Ma, orang terkaya nomor 23 di dunia pada tahun 2018.

Kalimat lengkapnya adalah :

You are you. There are about 7 billion people in the world, but there is only one you
Terjemahannya :

Kamu adalah kamu. Ada sekitar 7 milyar orang di dunia, tetapi hanya ada satu kamu
Bukan sebuah pernyataan baru karena banyak sekali orang terkenal dan filsuf dunia yang pernah mengatakan hal yang sama. Apalagi apa yang dikatakannya adalah sebuah fakta tak terbantahkan.

Tidak ada manusia yang sama di dunia ini. Semuanya berbeda satu dengan yang lain. Bahkan, sepasang orang kembar identik sekalipun akan tetap memiliki perbedaan.

Pernyataan orang terkaya nomor 2 di Tiongkok ini sebenarnya seperti mengingatkan kepada kita bahwa jalani hidup sebagaimana adanya kita. Tidak perlu mencoba untuk meniru dan menjadi orang lain dalam melakukannya. Justru dengan begitulah maka kita akan terlihat menonjol dan bisa menarik perhatian.

Apa yang dikatakannya seperti menohok kebiasaan banyak dari kita, secara sadar atau tidak, mencoba meniru apa yang dilakukan orang lain. Melihat orang kaya berpakaian mewah, kita mencoba untuk memakai pakaian yang sama. Melihat Syahrini berdandan menor, ribuan orang serentak membeli berbagai pernak pernik ala si Incess.

Padahal, hal itu kerap menjerumuskan kita pada banyak hal, mulai dari kebodohan hingga kemiskinan. Yang seperti ini juga membuat kita tidak menjalani hidup kita sendiri dan kerap justru terbawa arus sesuai apa yang dipertunjukkan idola kita.

Yang pasti kita tidak bisa menjadi diri kita sendiri dan tidak bisa mengambil inisiatif dalam hal apapun karena selalu menunggu panutan kita melakukannya.

Kita hanya menjadi bebek saja.

Dengan menerima kenyataan bahwa kita semua orang yang berbeda, kita bisa menjalani hidup kita sesuai dengan apa yang dikehendaki. Bukan sekedar menjadi pembebek yang selalu berada di buntut orang lain.

Tetapi, itu sekedar saran dan tips saja dari orang yang sudah terbukti sukses secara materi. Keputusan akhirnya akan selalu terletak di tangan masing-masing. Mau menjadi diri sendiri atau sekedar imitasi dari idola kita.

Itu pilihan Anda.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar