"Abaikan Cemoohan Orang" - Tips Jack Ma #004

"Abaikan Cemoohan Orang" - Tips Jack Ma #004

"Abaikan Cemoohan Orang" - Tips Jack Ma #004

Salah satu tantangan paling berat untuk mencapai kesuksesan berbentuk pandangan masyarakat terhadap apa yang sedang direncanakan dan dilakukan. Kerap mereka mencibir dan mencemooh terhadap sebuah ide, bahkan meskipun seringnya karena tanpa alasan yang jelas.

Hal ini sering menjatuhkan mental dari kita dan tidak jarang mendorong untuk membuang ide dan rencana yang sudah susah payah dibuat.

Mungkin dalam hal ini, sebuah tips dari Jack, pendiri perusahaan internet raksasa asal Cina, Alibaba dapat membantu untuk mengantisipasi dan memecahkan masalah yang seperti ini.

Tipsnya sederhana saja :

"Ignore the #littleman" ~ Jack Ma
Agak sulit menerjemahkan yang satu ini. Kata "littleman" bisa diartikan sebagai "orang kecil" dan dalam hal ini mengacu pada orang-orang yang berpikiran sempit.

Biasanya seorang yang tidak menguasai atau mengetahui sesuatu sering ingin ikut berkomentar dan memberi saran. Masalahnya, dengan pengetahuan yang terbatas, mereka sering mengeluarkan saran yang negatif dan tidak bersifat membangun.

Mencemooh dan menyangsikan. Nyinyir.

Oleh karena itu, terjemahan yang pas dalam bahasa Indonesia adalah "Abaikan cemoohan orang".

Pada saat Jack Ma mendirikan Alipay, ia menghadapi situasi yang sama. Banyak orang mengatakan bahwa idenya tidak begitu bagus. Sebagian lagi berkomentar lebih pedas bahwa idenya adalah sesuatu yang bodoh.

Yang dilakukan pria kelahiran tahun 1964 ini hanya satu, yaitu mengabaikan omongan tersebut dan terus maju sesuai dengan ide, rencana, dan strategi yang dijalankannya. Hasilnya, sekarang Alipay memiliki lebih dari 500 juta pengguna dan bernilai milyaran dollar.

Dan, memang hal itu seharusnya ditiru oleh siapapun yang ingin berkembang dan maju. Ucapan nyinyir dari orang lain, bahkan keluarga, sebaiknya diabaikan saja.

Berpikiran baiklah bahwa mereka mungkin tidak mengerti apa yang sedang kita rencanakan dan lakukan. Anggaplah mereka tidak begitu paham apa yang sedang kita ingin wujudkan.

Saya sendiri mengalaminya ketika mulai terjun ke dunia blog. Banyak tetangga yang memberi pandangan sinis terhadap hal ini. Mereka menganggap bahwa ngeblog hanyalah kerjaan orang iseng dan membuang-buang waktu saja. Tidak ada guna dan manfaatnya.

Sekitar 2 tahun kemudian, meski tidak seperti Jack Ma yang begitu luar biasa, saya menunjukkan bahwa apa yang mereka cemooh ternyata bisa menghasilkan uang. Saya memperlihatkan bukti transfer dari Adsense dan juga uang hasil "content placement" yang hanya memerlukan waktu kurang dari 15 menit untuk melakukannya.

Jumlah itu membuat mereka mulai tergerak dan berpikir bahwa apa yang saya jalani selama ini bukanlah sesuatu yang sia-sia. Bahkan, ke depannya bisa menjadi sebuah ladang untuk menimba penghasilan, terutama di kala pensiun.

Mungkin, kalau saya terganggu dengan apa yang mereka katakan, saya sudah berhenti ngeblog. Tetapi, saya memutuskan untuk terus melanjutkan jalan yang dipilih dan hasilnya sekarang mulai terasa.

Jadi, camkanlah apa yang dikatakan Jack Ma kalau ada orang yang memandang rendah apa yang sedang kita lakukan. Selama itu sesuai aturan, baik, dan menghasilkan sesuatu yang halal, serta tidak mengganggu orang lain, abaikan saja cemoohan mereka.

Lanjutkan dan jalani jalan yang sudah kita pilih.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon