Cara Menuju Bekasi Dari Cawang Dengan Commuter Line

Cara Menuju Bekasi Dari Cawang Dengan Commuter Line

Cara Menuju Bekasi Dari Cawang Dengan Commuter Line

Untuk menuju Bekasi dari Cawang dengan angkutan umum sebenarnya bisa dilakukan dengan dua cara. Bahkan, bisa lebih karena ada angkutan tidak resmi seperti "omprengan".

Yang pertama dengan bus dan cukup mudah dilakukan karena banyak bus yang langsung menuju kota tersebut dari wilayah DKI yang satu ini. Belum ditambah dengan keberadaan APTB alias Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB).

Yang kedua adalah dengan menggunakan Commuter Line atau si KRL Jabodetabek.

Sayangnya, mengingat jalan-jalan di Jakarta sering macet, lama perjalanan kalau menggunakan angkutan seperti bus kerap memakan waktu lama dan pada akhirnya membuat ongkosnya menjadi mahal.

Apalagi, jalan tol yang menghubungkan Jakarta dan Bekasi juga sedang menjadi sorotan karena kemacetan parah akibat pembangunan jalan tol layang. Tanpa itu saja, kemacetan sudah parah.

Nah, oleh karena itu, banyak pekerja komuter Bekasi - Jakarta sekarang beralih ke moda transportasi lain, yaitu cara kedua. Menggunakan kereta komuter asuhan PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) memberikan waktu tempuh yang lebih singkat (kalau tidak ada gangguan) dan lebih murah.

Kereta komuter Jabodetabek sekarang memang sedang naik daun karena pelayanannya jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Perubahan dan perbaikan sarana dan prasarana terus dilakukan.

Jadi, jangan abaikan kemungkinan menggunakan Commuter Line untuk pulang pergi dari Cawang (Jakarta) ke Bekasi (atau sebaliknya). Lebih mudah dan hemat.

Caranya pun tidak rumit. Situasinya hampir mirip dengan pengguna kereta komuter di luar negeri. Jika Anda memang membutuhkan sedikit penjelasan tentang cara menuju Bekasi dari Cawang dengan Commuter Line, silakan ikuti penjelasan singkat dari seorang pengguna KRL sejak puluhan tahun yang lalu (sampai sekarang).

Cara Menuju Bekasi Dari Cawang Dengan Commuter Line (CL)

Yang harus diperhatikan adalah untuk mencapai Bekasi dari Cawang, penumpang harus melakukan transit atau perpindahan kereta. Tidak ada trayek CL yang langsung dari Cawang menuju Bekasi.

Rute yang tersedia, termasuk stasiun transitnya adalah sebagai berikut

1. Cawang - Manggarai - Bekasi - Stasiun Transit Manggarai

Penumpang naik kereta dari stasiun Cawang dengan menggunakan kereta jurusan mana saja, baik itu tujuan stasiun Jakarta Kota atau Jatinegara. Kemudian turun di stasiun Manggarai dan berpindah kereta memakai CL trayek stasiun Jakarta Kota - Bekasi (atau Cikarang) yang akan melalui Manggarai.

2. Cawang - Jatinegara - Bekasi - Stasiun Transit Manggarai

Penumpang menggunakan CL jurusan stasiun Bogor/Depok - Jatinegara, tetapi tidak turun di stasiun Manggarai. Penumpang turun di stasiun akhir yaitu Jatinegara. Kemudian, menyambung dengan CL dari arah Jakarta Kota - Bekasi (Cikarang). CL ini akan lewat Jatinegara juga.

Yang manapun bisa dipergunakan. Tetapi, lebih hemat waktu pilihan yang pertama.

Langkah-langkahnya bisa ikuti yang di bawah ini.

A) Di Stasiun Keberangkatan (Cawang)

  • Beli tiket (THB - Tiket Harian Berjaminan) untuk tujuan Bekasi. Perhatikan jangan beli tiket tujuan stasiun transit karena saldonya akan kurang untuk ke Bekasi. Hal itu akan merepotkan karena Anda harus berurusan dengan loket Fare Adjustment sebelum keluar stasiun. Pastikan, sebutkan ke petugas loket atau mesin tiket otomatis, tiket yang Anda beli adalah Bekasi.
  • Harga tiket akan termasuk uang jaminan Rp. 10 ribu yang bisa diminta kembali di stasiun akhir
  • Bisa juga menggunakan kartu e-money, seperti Flazz, Brizzi, Indomaret Card atau Mandiri e-money. Syaratnya harus sudah diaktivasi. Untuk tahu cara mengaktivasinya, silakan baca tulisan "Cara Aktivasi Kartu e-money agar menjadi pengganti KMT (Kartu Multi Trip)"
  • Kemudian Anda harus masuk stasiun dan menuju peron. Untuk itu, tempelkan tiket yang sudah dibeli ke pintu gerbang pada bagian bertanda "TEMPEL DISINI" dan dorong batang besi ke depan untuk bisa masuk
  • Silakan pergi ke peron yang mengarah ke Manggarai atau Jakarta Kota. Hanya ada dua peron di stasiun Cawang, yaitu yang ke arah Bogor dan ke arah Manggarai. Jadi, tidak akan salah
  • Begitu kereta datang naik , tetapi jangan sampai tertidur. Perjalanan akan singkat saja, terutama kalau ke Manggarai (2 stasiun dari Cawang)

B) Di Stasiun Transit (Manggarai - Jatinegara)

  • Sesampai di stasiun transit, bergegaslah turun dan menuju peron yang mengarah ke Bekasi. Kalau di stasiun Manggarai, kereta dari arah Bogor akan berhenti di jalur 5 sedangkan CL ke Bekasi biasa di jalur 2-4
  • Kalau tidak tahu dimana harus menunggu, perhatikan pengumuman yang dikumandangkan lewat pengeras suara di stasiun. Kalau masih ragu, silakan bertanya kepada petugas terdekat
  • Begitu kereta ke Bekasi tersedia, naiklah. Anda bisa bersantai sedikit karena lama perjalanan sekitar 30-35 menit. Stasiun Bekasi ada di akhir perjalanan (untuk trayek Bekasi)

C) Di Stasiun Akhir (Bekasi)

  • Sesampai di tujuan, silakan turun. Jangan lupa periksa kembali barang bawaan dan tiket supaya tidak tertinggal
  • Keluar dari stasiun dengan cara yang sama ketika masuk, yaitu dengan menempelkan tiket ke gerbang elektronik di bagian bertanda "TEMPEL DISINI". Dorong pintu ke depan dan Anda sudah berada di luar stasiun
  • Jangan lupa, bagi pemegang THB, untuk pergi ke loket untuk menukarkan tiket dengan uang jaminan yang 10 ribu tadi
Selesai.

Itulah sedikit penjelasan tentang cara menuju Bekasi dari Cawang dengan Commuter Line.

Semoga bisa membantu!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon