Cara Menuju Bekasi Dari Kalideres Menggunakan Commuter Line / KRL Jabodetabek

Cara Menuju Bekasi Dari Kalideres Menggunakan Commuter Line / KRL Jabodetabek

Cara Menuju Bekasi Dari Kalideres Menggunakan Commuter Line / KRL Jabodetabek

Untuk menuju Bekasi dari Kalideres sebenarnya memiliki banyak pilihan. Masing-masing akan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Bisa dilakukan dengan menggunakan bis, apalagi disana ada Terminal Bis Kalideres yang terkenal itu. Kemudian bisa juga memakai kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor.

Jadi, pilihannya banyak dan selebihnya terserah Anda mau menggunakan yang mana.

Tetapi, ada satu moda transportasi lagi yang bisa dipergunakan untuk pergi ke Bekasi dari Kalideres dan yang satu ini punya dua kelebihan utama, yaitu tidak macet dan juga murah. Namanya Commuter Line alias si KRL Jabodetabek.

Sarana transportasi yang ini memang bebas dari kemacetan yang rutin terjadi setiap hari di Jakarta karena ia memakai jalur sendiri.

Dan, mungkin cara terbaik menuju ke Bekasi dari Kalideres adalah dengan menggunakan Commuter Line dibandingkan opsi-opsi lainnya. Sudah tidak macet, tidak mahal juga.

Banyak yang mungkin agak khawatir menggunakannya. Terdengarnya ribet harus turun disini kemudian berganti kereta. Sebenarnya tidak demikian. Kalau sudah tahu dimana harus turun dan berganti kereta, selebihnya mudah.

Situasinya sudah berbeda dibandingkan 5-6 tahun yang lalu dan berbagai kemudahan sudah dihadirkan dalam layanan yang dikelola PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) ini. Lumayan nyaman juga, meski tidak senyaman naik mobil sendiri yang dikemudikan supir pribadi.

Nah, bagi yang belum paham cara menuju Bekasi dari Kalideres menggunakan Commuter Line, bisa ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

Rute dan Trayek

Hal pertama yang harus dipahami adalah rute yang harus ditempuh dan trayek-trayek CL mana yang diperlukan.

Setidaknya ada dua opsi yang bisa dipergunakan. Perkiraan waktu tempuh dari keduanya tidak berbeda jauh. Bedanya terletak pada stasiun transit yang dipergunakan.

1. Opsi Rute 1 : Stasiun kalideres - Stasiun Duri - Stasiun Manggarai - Stasiun Bekasi

Memang agak menyebalkan terdengarnya karena butuh 2 kali pergantian kereta untuk pergi ke Bekasi dari Kalideres.

Opsi pertama membutuhkan Anda untuk berpindah kereta di dua stasiun, yaitu Stasiun Duri dan Stasiun Manggarai.

Jadi, dari stasiun Kalideres, pergunakan CL yang mengarah ke stasiun Duri. Di Stasiun Duri, kemudian tunggu kereta dari arah Jatinegara menuju Bogor. Lalu, naik dan turun di Stasiun Manggarai.

Dari stasiun Manggarai barulah kemudian berpindah ke Commuter Line yang mengarah ke Bekasi.

2. Opsi Rute 2 : Stasiun Kalideres - Stasiun Duri - Stasiun Jatinegara - Stasiun Bekas

 Opsi kedua tidak berbeda jauh. Langkah pertamanya sama, yaitu dari Kalideres naik ke Stasiun Duri (cuma ada satu pilihan dalam hal ini).

Hanya saja, sesampainya di Duri, untuk pilihan yang ini, Anda justru harus menunggu kereta yang berasal dari arah Depok/Bogor menuju Jatinegara. Catat yah, Jatinegara dan jangan naik yang menyebutkan Angke sebagai stasiun akhir.

Turun di stasiun Jatinegara dan berpindah kereta yang mengarah ke stasiun Bekasi dari arah Manggarai.

Itu saja sebenarnya dalam hal rute. Yang manapun sama saja. Kalau saya akan memilih, kereta sambungan mana yang datang lebih dulu, maka itulah yang dipakai.

Selebihnya bisa ikuti juga langkah-langkah naik Commuter Linenya.

Langkah-langkah untuk naik Commuter Line menuju Bekasi dari Kalideres

 

1. Di Stasiun Keberangkatan (Kalideres)

  • Beli Tiket : tiket yang harus dibeli adalah THB (Tiket Harian Berjaminan). Dalam harganya akan termasuk uang jaminan sebesar Rp 10 ribu yang bisa diminta ulang di stasiun akhir. Bisa juga menggunakan kartu e-money yang sudah diaktifkan. Untuk mengaktifkan kartu Brizzi, Flazz, atau e-money, bisa lihat di SINI . Tiket juga bisa dibeli dengan menggunakan mesin tiket otomatis (kalau tersedia)
  • Catatan Untuk Tiket : Untuk tiket pastikan menyebutkan tujuan akhir, yaitu Bekasi. Jangan menyebutkan stasiun transit sebagai tujuan karena berarti saldonya tidak cukup. Hal ini akan merepotkan karena berarti di stasiun akhir harus ke loket / mesin Fare Adjustment (penyelaras tarif) untuk menambah saldo dulu sebelum keluar
  • Masuk ke peron : Setelah tiket ada di tangan, langsung saja menuju ke peron. Untuk itu harus masuk melalui gerbang elektronik. Cara masuknya tempelkan tiket tadi ke bagian gerbang yang bertanda "TEMPEL DISINI", kemudian dorong batang besi penghalang ke depan untuk masuk
  • Di Peron : Silakan dengar pengumuman dari pengeras suara untuk CL menuju ke Stasiun Duri untuk mengetahui di peron mana harus menunggu. Kalau ragu tanyakan pada petugas terdekat
  • Naik ke kereta begitu kereta tersedia dan duduk manis. Perjalanan tidak akan makan waktu lama, hanya 6 stasiun saja. Jadi jangan sampai tertidur

2. Di Stasiun Transit (Dua Kali)

Ingat Anda akan dua kali berpindah kereta. Jadi hapalkan stasiun mana saja seperti yang sudah disebutkan di atas.

Yang harus dilakukan di stasiun transit, hanya ada dua saja. Tidak perlu keluar stasiun dulu, cukup
  • Pindah Peron : Anda harus segera menuju peron untuk kereta lanjutan seperti sudah disebutkan di atas. Kalau tidak tahu harus menunggu dimana,cara tercepat adalah dengan bertanya pada petugas terdekat. sekarang banyak petugas yang siap sedia membantu
  • Naik Kereta : Kalau sudah tahu dimana harus menunggu, selebihnya hanya naik saja. Perjalanan juga tidak akan makan waktu lama (kalau tidak ada gangguan)

3. Di Stasiun Akhir (Stasiun Bekasi)

Kalau semua berjalan lancar, Anda akan tiba di Bekasi dalam waktu kurang lebih 1 - 1 1/2 jam tergantung pada cepat tidaknya kereta sambungan tersedia.

Begitu tiba di stasiun Bekasi, yang pasti Anda harus turun kalau tidak mau terbawa balik. Jangan lupa barang bawaan dan tiket Anda sebelum turun. Pastikan semua sudah lengkap dan tidak perlu terburu-buru karena biasanya di stasiun akhir, kereta akan istirahat lebih lama.

Untuk meninggalkan stasiun, langkahnya mirip dengan saat masuknya, yaitu

  • Tap Out : Istilahnya keren, tetapi sebenarnya yang harus dilakukan adalah pergi ke gerbang keluar dan kemudian menempelkan tiket ke bagian pintu elektronik yang bertuliskan "TEMPEL DISINI". Dorong batang besi penghalang ke depan untuk keluar
  • Refund : Istilahnya bahasa Inggris, tetapi sebenarnya adalah meminta uang jaminan kembali. Ingat harga tiket termasuk uang jaminan 10.000 rupiah. Pergi ke salah satu loket (biasanya diberi tanda "refund" dan kemudian serahkan THB ke petugas. Ia akan menyerahkan uang kepada Anda
4. SELESAI

Nah, itu saja penjelasan cara menuju Bekasi dari Kalideres menggunakan Commuter Line. Tidak sulit kan?

Have a safe trip!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon