Cara Menuju Depok Dari Kalideres Menggunakan Commuter Line

Cara Menuju Depok Dari Kalideres Menggunakan Commuter Line

Cara Menuju Depok Dari Kalideres Menggunakan Commuter Line

Menurut Google, untuk menuju Depok dari Kalideres menggunakan kendaraan non Commuter Line (KRL Jabodetabek) akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam 17 menit. Tidak disebutkan kendaraan yang dipergunakan untuk menempuhnya, tetapi berarti antara mobil, bus, atau sepeda motor. Yang ada hanyalah rutenya saja.

Silakan lihat saja hasil pencarian di kotak pencari Google seperti di bawah ini.

Cara Menuju Depok Dari Kalideres Menggunakan Commuter Line
Tentunya, data itu tidak menyebutkan dalam kondisi jalan seperti apa sehingga jarak 39.7 kilometer antara kedua tempat bisa dijalani dalam waktu tersebut. Juga tidak disebutkan apakah dalam kondisi hujan atau cerah karena situasi kepadatan lalu lintas di Jakarta sangat berbeda di kala hujan.

Juga pasti akan berbeda kalau memakai angkutan umum karena terkadang harus berganti kendaraan sebelum sampai ke tujuan.

Tidak ada kepastian dan tergantung banyak hal.

Hanya, kalau untuk menuju Depok dari Kalideres menggunakan Commuter Line, tentunya waktunya bisa lebih pasti. Maklum saja, angkutan yang dulu dikenal sebagai KRL (Kereta Rel Listrik) Jabodetabek ini berangkat sesuai jadwal (tidak ngetem).

Yang pasti anti macet. Jadi, waktu tempuhnya bisa lebih dipercaya dan bisa diperhitungkan. Bisa diperhitungkan waktu tempuhnya akan berada pada kisaran 60 menit. Sedikit lebih cepat.

Dan, lebih murah. Tarifnya kurang lebih 7000 rupiah saja.

Jadi, kenapa tidak pergunakan si CL untuk pergi ke Depok? Anti macet dan murah.

Masalah kenyamanan juga bisa ditambahkan karena kondisi angkutan ini sudah berubah 180 derajat dan jauh lebih baik. Gerbong ber-AC, stasiun bersih, dan masih banyak fasilitas lainnya disediakan untuk kepentingan penumpangnya.

Nah, mungkin masih banyak yang ragu karena tidak tahu rute dan cara naik KRL versi baru ini. Mudah saja kok. Silakan ikuti saja sedikit panduan di bawah ini.

Rute Menuju Depok Dari Kalideres Menggunakan Commuter Line

Yang pertama harus diperhatikan adalah tentang rute Commuter Line yang tersedia dari Kalideres ke Depok. Karena tidak ada jalur langsung yang menghubungkan keduanya, maka Anda harus satu kali berpindah kereta di stasiun transit.

Stasiun transitnya adalah Stasiun DURI (BUKIT DURI).

Secara singkat maka rutenya adalah

Stasiun Kalideres - Stasiun Duri (berganti kereta) - Stasiun Depok
Penjelasannya :

1. Dari stasiun Kalideres naik Commuter Line yang menuju ke arah Stasiun Duri
2. Turun di Stasiun Duri
3. Naik CL yang menuju ke arah Depok/Nambo/Bogor yang datang dari Angke/Jatinegara (Yang manapun sama karena akan melewati stasiun Depok Baru dan Depok)

Hal lain yang harus diperhatikan adalah ada dua stasiun Depok, yaitu Depok Baru dan Depok. Jadi, tentukan dulu sebelum berangkat mau turun di stasiun mana.

Itu saja rutenya.

Hanya, mungkin Anda masih bingung tentang cara naik Commuter Line, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini. Mudah saja kok.

Cara Naik Commuter Line Dari Kalideres Ke Depok

Perhatikan langkah-langkahnya di setiap titik dari stasiun keberangkatan hingga stasiun akhir.

1. Stasiun Keberangkatan (Kalideres)

  • Beli Tiket : Tiket yang harus dibeli namanya THB (Tiket Harian Berjaminan). Namanya demikian karena dalam harganya termasuk uang jaminan sebesar Rp. 10 ribu yang bisa diminta kembali di stasiun akhir sebelum 7 hari. Bisa juga mempergunakan kartu e-money, seperti Flazz, Brizzi, Indomaret Card, atau e-money Mandiri yang sudah diaktivasi. Untuk cara aktivasinya bisa klik di SINI .
  • Saat membeli tiket, bisa di loket atau di mesin tiket otomatis, sebutkan tujuan akhir, yaitu stasiun Depok atau Depok Baru kepada petugas. Jangan sebutkan stasiun transit karena berarti saldo di tiket tidak mencukupi dan harus pergi ke loket "Fare Adjustment atau Penyelaras Tarif "sebelum bisa keluar stasiun
  • Masuk Stasiun : setelah tiket ada di tangan, langsung saja masuk stasiun. Caranya dengan menempelkan tiket tadi ke pintu elektronik di bagian yang bertanda "TEMPEL DI SINI". Warnanya kuning. Kemudian, dorong batang besi ke depan untuk bisa masuk.
  • Menunggu di peron : di dalam stasiun, langsung saja menuju ke peron tunggu untuk arah ke stasiun Duri. Pengumuman biasanya diperdengarkan lewat pengeras suara, tetapi kalau ragu, tanyakan kepada petugas terdekat. Mereka akan menunjukkan peronnya.
  • Naik ke kereta : setelah kereta datang, langsung naik. Hati-hati! Perjalanan tidak akan makan waktu lama, sekitar 20 menit saja. Stasiun Duri ada di ujung perjalanan trayek ini, jadi tidak akan terlewat. Perhatikan saja pengumuman di dalam kereta (6 stasiun saja)

2. Stasiun Transit (Duri)

Setibanya di stasiun Duri, tidak perlu keluar stasiun untuk berpindah kereta. Cukup :

  • Mencari peron : bergegaslah ke peron untuk menunggu kereta yang ke arah Depok/Bogor/Nambo seperti disebutkan pada rute di atas. Kalau tidak tahu, tanya pada petugas.
  • Naik kereta : kalau sudah ketemu dan kereta sudah datang, langsung saja naik. Perjalanan akan makan waktu sekitar 40 menit dan tidak perlu lagi berganti kereta.

3. Di Stasiun Akhir (Depok Baru/Depok)

Saat di kereta perhatikan pengumuman yang dikumandangkan, Biasanya akan disebutkan stasiun saat kereta berhenti. Begitu mendengar nama stasiun Pondok Cina disebutkan, segeralah bangun dan persiapkan barang bawaan karena stasiun berikutnya adalah Depok Baru. Setelah Depok Baru akan tiba stasiun Depok.

  • Turun dari kereta : perhatikan barang bawaan karena kereta hanya akan berhenti 1-2 menit saja. Jangan sampai tertinggal, tetapi kalau memang terjadi, segera hubungi bagian informasi
  • Keluar stasiun :  untuk keluar stasiun, caranya sama dengan ketika masuk. Tempelkan tiket ke pintu elektronik di bagian yang bertanda "TEMPEL DI SINI" yang berwarna kuning dan dorong batang besi ke depan. Anda sudah keluar
  • Ambil uang jaminan : Jangan lupa untuk mengambil uang jaminan kembali, istilahnya "refund". Caranya pergi ke loket dan serahkan tiket kepada petugas, mereka akan menyerahkan yang sepuluh ribu kepada Anda.
4. SELESAI

Itu saja cara menuju Depok dari Kalideres menggunakan Commuter Line. Tidak susah kan.

Jadi, kenapa tidak? Daripada bermacet ria dan waktu yang tidak pasti, mengapa tidak pakai yang murah dan anti macet. Yah, walau kadang-kadang kalau nasib sedang sial, ada gangguan tetapi sekarang sudah sangat jarang terjadi.

Itu saja.

Have a nice trip!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon