Cara Menuju Pasar Minggu Dari Tangerang Memakai Commuter Line

Cara Menuju Pasar Minggu Dari Tangerang Memakai Commuter Line

Cara Menuju Pasar Minggu Dari Tangerang Memakai Commuter Line

Untuk menuju Pasar Minggu dari Tangerang memakai Commuter Line, sayangnya, hanya ada satu opsi terbaik.

Penjelasan rutenya adalah dengan menggunakan rute

Stasiun Tangerang - Stasiun Bukit Duri (Transit) - Pasar Minggu
Caranya adalah :

  1. Naik Commuter Line di Stasiun Tangerang
  2. Turun di stasiun Bukit Duri (Duri) - Stasiun transit
  3. Berganti kereta dengan kereta trayek Jatinegara/Angke - Bogor
  4. Tiba di stasiun Pasar Minggu
Perhatikan : Ada dua stasiun Pasar Minggu, yaitu Pasar Minggu Baru dan Pasar Minggu. Yang pertama, kalau dari arah Tangerang berada sebelum yang terakhir. Jadi, pastikan Anda tahu harus turun dimana. Lumayan jauh juga jaraknya kalau berjalan kaki.

Untuk melakukan perjalanannya, silakan ikuti penjelasan di bawah ini.

A) Di Stasiun Keberangkatan (Tangerang)

  • Beli tiket (THB/Tiket Harian Berjaminan). Bisa dilakukan melalui loket atau via mesin tiket otomatis. Bisa juga mempergunakan kartu e-money, seperti Flazz, Brizzi, Kartu Indomaret/Mandiri yang sudah diaktifkan terlebih dahulu
  • Pada saat pembelian tiket, langsung pesan tiket untuk stasiun akhir, yaitu Pasar Minggu (Baru). Jangan beli dengan tujuan stasiun transit. Hal itu akan menyebabkan saldo yang ada akan tidak mencukupi untuk menuju stasiun akhir. Hal itu akan merepotkan karena berarti harus menuju loket Fare Adjustment atau Penyelaras tarif saat mau keluar.
  • Kalau memakai tiket THB, harga tiket akan termasuk uang jaminan sebesar Rp. 10 ribu yang bisa diminta ulang (refund) di stasiun tujuan
  • Setelah mendapat tiket, masuk ke stasiun. Caranya dengan menempelkan tiket pada gerbang otomatis di bagian yang bertanda "TEMPEL DISINI". Kemudian, dorong batang besi ke depan untuk masuk
  • Setelah di dalam stasiun, segeralah menuju peron dimana Commuter Line tujuan Stasiun Bukit Duri berada. Kalau tidak pasti dimana tempatnya, perhatikan pengumuman yang dikumandangkan via pengeras suara di stasiun. Atau, yang lebih mudah, datangi petugas terdekat dan tanyakan dimana peron untuk tujuan stasiun ini
  • Setelah kereta tersedia, silakan naik. Perjalanan akan makan waktu 30 menit kalau tidak ada halangan

B) Stasiun Transit (BUKIT DURI)

Setiba di stasiun transit Bukit Duri, turunlah. Jangan lupakan barang bawaan Anda karena repot kalau tertinggal.

Kemudian, bergegaslah menuju peron untuk Commuter Line yang menuju Depok/Bogor/Nambo. Kesemua CL dengan trayek ini akan melewati stasiun Pasar Minggu.

Kalau ragu, tanya pada petugas terdekat supaya tidak salah naik.

Begitu kereta tiba, naik dan nikmati perjalanan. Kurang lebih akan makan waktu 30 menit untuk tiba di stasiun Pasar Minggu (dengan catatan kalau tidak ada gangguan).

C) Di Stasiun Tujuan (Pasar Minggu)

Setiba di stasiun Pasar Minggu, atau Pasar Minggu Baru, silakan keluar stasiun. Caranya sama dengan cara masuk, yaitu dengan menempelkan tiket ke gerbang di bagian kuning bertuliskan "TEMPEL DISINI".

Dorong batang besi ke depan untuk keluar.

Jangan langsung pergi meninggalkan stasiun kecuali Anda memakai e-money. Kalau menggunakan THB, jangan lupa pergi ke loket. Tukarkan tiket dengan uang jaminan sebesar 10 ribu rupiah tadi. Cukup dengan menyerahkan tiketnya dan petugas akan memberikan Anda uangnya.

Perhatikan, penukaran bisa dilakukan dalam jangka waktu 7 hari setelah tiket dibeli. Lebih dari itu, tidak berlaku lagi.

Itulah langkah-langkah cara menuju Pasar Minggu dari Tangerang memakai Commuter Line.

Semoga membantu!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar