Mengenal Fare Adjustment Atau Penyelaras Tarif Tiket Commuter Line

Mengenal Fare Adjustment Atau Penyelaras Tarif Tiket Commuter Line


Sejak tahun 2017-2018, sebenarnya ada satu istilah penting bagi para pengguna Commuter Line atau KRL Jabodetabek. Sayangnya, rupanya istilah ini, meski sudah disosialiasikan masih belum dimengerti dengan baik. Istilah itu adalah "Fare Adjustment" atau "Penyelaras Tarif".

Penting? Penting banget karena hal ini bisa menghindarkan seorang penumpang dari tidak bisa keluar stasiun atau terkena penalty.

Untuk bisa membayangkan apa itu "fare adjustment" ala Commuter Line, mungkin bisa diilustrasikan seperti di bawah ini.

  1. Anda karena terburu-buru memesan tiket (THB - Tiket Harian Berjaminan) untuk pergi ke stasiun Manggarai, padahal tujuan Anda sebenarnya stasiun Jakarta Kota. Hasilnya, THB yang di tangan Anda hanya terisi saldo yang hanya cukup untuk sampai stasiun Manggarai
  2. Sesampainya di stasiun Jakarta Kota, tentu saja pintu elektronik tidak akan bisa terbuka karena saldonya tidak mencukupi

Tentunya Anda khawatir bukan, Apalagi mungkin Anda sedang terburu-buru untuk pergi ke kantor. Belum lagi deg-degan karena bisa terkena penalti atau denda yang lumayan itu, 50 ribu rupiah kalau tidak terselesaikan.

Lalu apa pemecahannya?

Nah, disanalah peran "Fare Adjustment" atau "Penyelaras Tarif".

Di bagian dalam stasiun sebelum pintu keluar, sekarang sudah disediakan sebuah mesin khusus tetapi bisa juga berbentuk sebuah loket yang bertanda "Fare Adjustment".

Seorang penumpang yang saldo dalam tiket atau KMT (Kartu Multi Trip) nya tidak memenuhi syarat atau tidak sesuai dengan perjalanan, bisa melakukan penambahan saldo disini. Dengan bertambahnya saldo, maka otomatis pintu elektronik akan terbuka karena dana yang ada di dalamnya mencukupi.

Jadi, selama di dompet masih tersedia uang, meski saldo di THB kurang, tenang saja. Tidak perlu berkeringat dingin. Gunakan saja fasilitas penambahan saldo di dalam stasiun untuk melakukannya.

Dengan begitu Anda tidak akan terkena penalti.

Itulah salah satu kemudahan yang disiapkan PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) bagi para penumpangnya.

Jadi, silakan dipergunakan pada saat mendesak. Tetapi, lebih baik kalau sebelum masuk stasiun Commuter Line mengecek dulu di alat cek saldo, jadi tidak perlu repot dan bertegang ria.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon