Tindakan Lebih Berarti Daripada Teori ~ Mahatma Gandhi #1

Tindakan Lebih Berarti Daripada Teori ~ Mahatma Gandhi #1


Pandangan pria yang dikenal sebagai tokoh Gerakan Kemerdekaan India ini tertuang dalam sebuah pernyataannya, yaitu

"An ounce of  praktice is worth more than tons of preaching" ~ Mahatma Gandhi

 Artinya :

"Satu ounce ( +- 33 gram) dari tindakan lebih berharga daripada berton-ton kotbah atau ceramah" ~ Mahatma Gandhi
Sangat masuk akal kan? Bahkan, memang mewakili apa yang seharusnya dilakukan.

Berkotbah dan berbuih-buih berbicara tentang kebaikan memberi sedekah, nilainya jelas dibawah tindakan seorang anak kecil memberikan uang jajannya kepada yang tidak mampu. 

Nilainya mungkin tidak seberapa, tetapi uang jajan sang anak kecil itu bisa membantu orang yang memerlukan menyambung hidup dan mengisi perut yang lapar. Sedangkan, ceramah tentang kebaikan berbagi dan bersedekah sepanjang apapun tidak akan bisa digunakan untuk membuat perut kenyang.

Itu hanya sebuah contoh ekstrim saja.

Tetapi, pandangan Mahatma Gandhi ini memang mewakili pandangan banyak orang, sukses dan terkenal lainnya. Mereka selalu mendorong orang untuk bukan hanya berbicara, tetapi juga mewujudkannya ke dalam tindakan.

Percuma saja berbicara panjang lebar, tetapi tidak ada tindakan apapun yang dilakukan.

Bermimpi menjadi kaya boleh. Mengatakan kepada orang lain tentang keinginan menjadi kaya dan cara mencapainy secara teori, juga tidak dilarang. Tetapi, ketika tidak ada tindakan, maka sebenarnya semua itu tidak ada artinya. 

Jadi, memang sebaiknya ketika kita mengatakan sesuatu, maka harus juga diwujudkan  ke dalam tindakan. Jangan hanya berhenti dan puas sekedar dengan mengeluarkan kata-kata dari mulut saja.


Tidak banyak artinya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar