Cara Merubah Dan Memperkecil Ukuran Foto/Image Menggunakan MS Paint

Cara Merubah Dan Memperkecil Ukuran Foto/Image Menggunakan MS Paint

Cara Merubah Dan Memperkecil Ukuran Foto/Image Menggunakan Paint

Merubah atau memperkecil ukuran foto/image merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan terutama untuk mereka yang gemar berkirim gambar atau image via aplikasi chatting seperti Whatsapp, Line, atau saat mengirim image.

Hal kecil ini perlu diperhatikan karena tidak terasa bahwa besarnya ukuran foto atau image yang dikirim bisa mempercepat habisnya kuota internet atau bahkan membengkakkan biaya internet bagi mereka yang tidak berlangganan.

Oleh karena itu, sudah seharusnya setiap hendak mengirimkan foto kepada orang lain, ukuran sebuah foto sebaiknya diperkecil dulu.

Apalagi bagi seorang blogger atau webmaster. Foto berukuran jumbo bisa menyebabkan banyak hal, seperti lambatnya loading sebuah laman. Dan, hal itu sangat tidak bagus karena website atau blog yang lamban akan ditinggalkan pembacanya.

Cara untuk merubah ukuran foto sebenarnya tidak susah. Tidak perlu harus menggunakan tool online atau menginstal software (perangkat lunak) tertentu. Tindakan ini bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak yang sudah tersedia saja.

Salah satu contohnya adalah MS Paint yang merupakan program bawaan Microsoft. Setiap komputer yang dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows versi apapun akan mendapatkan program ini.

Dan, program ini cukup untuk bisa memperkecil ukuran foto atau image.

Caranya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka MS PAINT

2. Klik Open untuk membuka file yang akan dikecilkan

3. Lihat menu dan klik "RESIZE" (merubah ukuran)


Cara Merubah Dan Memperkecil Ukuran Foto/Image Menggunakan MS Paint


4. Akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini


Cara Merubah Dan Memperkecil Ukuran Foto/Image Menggunakan MS Paint

5. Dalam kotak dialog terlihat ada dua pilihan "Percentage" (persentase) dan "Pixel"

6. Piliha salah satunya. Kalau memakai persentase, cukup masukkan saja angka di bawah 100 agar foto menjadi lebih kecil ukurannya. Jika pixel, masukkan angka antara 100-1000 pada kolom horizontal. Kolom vertical biasanya akan menyesuaikan , tetapi Anda bisa merubahnya jika mau. Ukuran ini cukup kecil antara 50-150 Kilobyte saja

7. Tekan OK

8. Pilih Menu "FILE"

9. Save As atau Save (Save As jika ingin memberikan nama baru, sedangkan Save kalau hendak "menimpa" file lama). Sebaiknya pergunakan Save As agar file asli tetap tersimpan

10. Selesai

Mudah kan?

Hanya memerlukan waktu 1-2 menit saja, tetapi Anda bisa menyelamatkan kuota internet pengirim atau penerima

Jadi, luangkan waktu sejenak untuk melakukannya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon