Sepeda Bermotor Pertama Di Dunia : Michaux-Perreaux Steam Velicipde

Sepeda Bermotor Pertama Di Dunia : Michaux-Perreaux Steam Velicipde
Sepeda Bermotor Pertama Di Dunia : Michaux-Perreaux Steam Velicipde Sumber Foto Wikimedia Commons
Banyak yang akan membantah bahwa Michaux-Perreaux Steam Velicipde sebagai sepeda motor pertama di dunia. Catatan sejarah akan mengatakan kalau Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach adalah penemu sepeda motor pertama di dunia. Tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa ide menggabungkan sepeda dengan mesin bermotor sudah ada sebelum sepeda motor pertama keluar.

Michaux-Perreaux Steam Velicipde adalah wujud dari usaha memberikan mesin kepada kendaraan roda dua. Bentuk kendaraan ini yang diproduksi ratusan setiap tahunnya ini memang sepeda bermotor.

Kendaraan ini pada dasarnya adalah sepeda (velocipede/sepeda) tetapi di bagian belakangnya terpasang sebuah mesin uap karya Louis Guillaume Perreaux. Mesin ini menggantikan pedal yang biasa ada pada sepeda.

Kendaraan ini diproduksi antara tahun 1868-1871. Sebagian orang menganggapnya sebagai sepeda motor pertama, tetapi lebih banyak yang tidak menganggapnya demikian. Hal itu terjadi karena mesinnya tidak bergabung dan terkoneksi dengan berbagai bagian lain dari kendaraan ini. Oleh karena itu, Steam Velicipde ini lebih dianggap sepeda bermotor dibandingkan sepeda motor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel