Apa Sih MultiTasking Atau Multi Tasking Itu?

Apa Sih Multi Tasking Itu?

Istilah multi tasking, atau terkadang digabungkan menjadi satu kata multitasking, merupakan istilah yang banyak dipergunakan dewasa ini. Banyak perusahaan yang memberikan kriteria bahwa karyawannya harus mampu melakukan multitasking.

Tetapi, sebenarnya apa sih multitasking itu?

Seperti apa bentuknya dalam kehidupan?

Memang istilah ini mengacu pada terminologi teknologi informasi (perkomputeran) dimana sebuah komputer/gadget diharapkan dapat melakukan beberapa tugas sekaligus dalam waktu bersamaan. Contohnya, komputer dengan Microsoft Windows memang dibuat agar yang mengoperasikannya dapat membuat spreadsheet bersamaan saat membuat surat atau email.

Beberapa pekerjaan dapat dilakukan oleh cukup satu perangkat saja.

Itulah inti dasar dari multitasking.

Jadi, bisa dikatakan definisi kemampuan multi tasking atau multitasking adalah kemampuan untuk melakukan beberapa pekerjaan atau tugas sekaligus dan dalam waktu bersamaan.

Dalam kehidupan, contoh dari kemampuan multitasking bisa terlihat bisa dilihat dalam keseharian. Kaum ibu rumah tangga mampu mencuci, pada saat bersamaan memasak di dapur, dan sekaligus mengasuh anaknya.

Itu juga merupakan bentuk dari kemampuan melakukan tugas ganda (lebih dari satu) dalam satu waktu yang bersamaan.

Bila seorang karyawan diharapkan memenuhi kriteria multitasking, maka ia diharapkan mampu mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang sama, atau setidaknya dalam periode waktu tertentu.  Contohnya, membuat laporan sambil melakukan negosiasi dengan pelanggan.

Prinsipnya akan agak berbeda dengan spesialisasi yang biasa ada dalam sebuah organisasi atau institusi bisnis biasa dimana seorang karyawan biasanya hanya memegang satu tugas tertentu saja seperti bagian keuangan hanya mengurus keuangan saja, seorang kasir hanya berperan menghitung uang.

Karyawan yang memenuhi kriteria dengan kemampuan multitasking harus memiliki lebih dari satu kemampuan karena pada dasarnya ia akan dituntut mengerjakan banyak hal sekaligus.

Mengapa karyawan dengan kemampaun multitasking menguntungkan bagi sebuah perusahaan? Ya karena dengan begitu mereka bisa menghemat biaya operasional. Cukup dengan membayar satu orang yang mampu menguasai beberapa bidang, tentunya akan lebih hemat dibandingkan membayar gaji dua orang untuk dua tugas yang berbeda.

Itulah sedikit pengertian multi tasking atau tugas ganda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel