[[FOTO] Tugu Adipura Rembang - Yang Ditabrak Kok Disalahkan!

[[FOTO] Tugu Adipura Rembang - Yang Ditabrak Kok Disalahkan!

Tugu Adipura Rembang sebenarnya sebuah monumen yang biasa saja. Semua kota di Indonesia atau negara manapun biasanya memiliki berbagai ikon dan simbol berupa tugu atau monumen. Cuma, yang satu ini lumayan kerap menjadi berita.

Tugu yang didirikan sebagai simbol keberhasilan Rembang meraih Adipura pada tahun 1998 ini justru "disalahkan" sebagai biang keladi banyaknya terjadi kecelakaan di jalur itu. Bahkan ada yang menginginkan agar tugu sederhana ini dihilangkan karena dianggap menjadi penyebab kecelakaan seperti pada tulisan di SINI .

Ini hanya satu tulisan saja dari beberapa yang bisa ditemukan lewat mesin pencari Google.

Padahal, sebagai benda mati, tugu Adipura Rembang ini tidak bisa bergerak dan diam saja di tempatnya sejak dibangun. Beberapa kecelakaan memang terjadi akibat kendaraan menghantam tugu yang berada di Jalan Diponegoro Rembang ini dan beberapa pihak memandang posisi tugu itulah penyebabnya.

Sayang sekali kalau sampai niat menghilangkan tugu ini terlaksana. Bagaimanapun sebuah kota butuh simbol dan ikon yang menyimpan banyak sejarah masa lalunya.

Posisinya memang berada tepat di tengah jalur pantura Jawa yang terkenal padat, tetapi tetap saja tidak seharusnya disalahkan sebagai biang keladi laka lantas. Kesalahan tetap saja berada pada pengemudi yang kurang konsentrasi.

[[FOTO] Tugu Adipura Rembang - Yang Ditabrak Kok Disalahkan!

Tugu Adipura Rembang ini bentuknya sendiri cukup menarik. Di atas tugu itu terdapat replika kecil kapal "phinisi" (atau nelayan?) yang sepertinya menyiratkan bahwa Rembang adalah sebuah wilayah dimana laut memegang peranan penting bagi kehidupan masyarakatnya. Lokasi tepatnya berada hanya sepelemparan batu saja dari Taman Pantai Kartini.

Tidak heran karena posisinya yang berada di pinggir laut memang menjadikan laut sebagai salah satu sumber bagi mata pencaharian penduduknya. Sekarang pun masih, walau bentuknya bervariasi dengan semakin berkembangnya industri pariwisata di kota dimana Makan Raden Ajeng Kartini berada itu.

Jadi, bisa dikata memang tugu ini menyiratkan salah satu inti dari masyarakat kota di Jawa Tengah itu.

[[FOTO] Tugu Adipura Rembang - Yang Ditabrak Kok Disalahkan!

Sayang sekali kalau sampai ide menghilangkan tugu yang satu ini. Cuma karena kecerobohan pengemudi kendaraan sampai harus menghilangkan satu bagian unik dan bersejarah di kota rasanya kok eman-eman (sayang sekali)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel