Kota Bekasi Menyusul Kota Bogor Melarang Kantung Plastik ?

Kota Bekasi Menyusul Kota Bogor Melarang Kantung Plastik ?

Mudah-mudahan sih apa yang diberitakan di Detik terjadi dan diwujudkan. Maksudnya, Kota Bekasi menyusul Kota Bogor dalam hal melarang penggunaan kantung plastik oleh toko dan pusat perbelanjaan moden disana. (Silakan baca beritanya di sini)

Kota Bogor sendiri sudah secara resmi memberlakukan larangan toko dan pusat perbelanjaan modern, seperti supermarket, Indomaret, Alfamart dan berbagai gerai minimarket lainnya untuk menyediakan kantung plastik kepada pembeli.

Tujuannya tentu saja untuk mengurangi polusi dan pencemaran yang terjadi karena penggunaan plastik sekali pakai yang berlebihan mengingat plastik adalah bahan yang susah terurai secara alami.

Tentu saja, kalau kemudian Pemkot Bekasi merealisasikan apa yang disebutkan berita tadi, hal itu merupakan pertanda baik bagi lingkungan di Indonesia. Hal itu berarti satu lagi pemegang kebijakan yang memasukkan unsur ramah lingkungan dalam kebijakan yang dibuatnya.

Terlihat kecil, tetapi kebijakan ini besar maknanya karena berarti puluhan ribu kantung plastik dicegah untuk mencemari bumi dan merusak lingkungan.

Sebuah hal yang patut diapresiasi, walau tentunya pasti akan menghadapi banyak tantangan mengingat banyak orang Indonesia sudah terlalu dimanjakan selama ini dalam urusan membawa belanjaan. Kerap tanpa menyadari dan berpikir lebih jauh tentang bahaya terhadap lingkungan yang ditimbulkan.

Semoga saja bisa terwujud dan kemudian ditiru oleh kota-kota lain di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel