Tidak Bohong ! Blog Bisa Menghasilkan Uang

Tidak Bohong Blog Bisa Menghasilkan Uang

Beberapa waktu yang lalu, saya mengadakan sebuah kelas blog kecil-kecilan di lingkungan RT dimana saya tinggal. Tujuannya sebenarnya hanya memperkenalkan apa itu blog beserta dengan keuntungan dan manfaatnya.

Salah satu poin yang saya jabarkan pada salah satu sesi adalah tentang sebuah fakta kecil bahwa blog bisa menghasilkan uang.

Tetapi, ternyata di antara peserta, rupanya ada yang terbelalak ketika saya mengatakan hal itu. Sepertinya ia tidak percaya bahwa sebuah kegiatan yang dianggap hanya iseng-iseng bisa menjadi sumber penghasilan. Akhirnya banyak yang bertanya apa betul begitu faktanya dan kalau betul bagaimana caranya.

Jadi, saya tidak heran kalau ada diantara pembaca blog Umum Sekali yang memiliki pikiran yang sama bahwa ngeblog atau blogging itu hanyalah kegiatan orang kurang kerjaan dan tidak kelebihan waktu saja. Masih banyak orang yang berpikiran serupa.

Tetapi, yang bisa saya tekankan hanyalah satu bahwa fakta itu benar. Tidak bohong sama sekali bahwa blog bisa menghasilkan uang.

Contohnya blog Umum Sekali ini yang isinya bisa dianggap ngawur karena bermacam-macam topik ada di dalamnya. Blog ini sudah berkontribusi kepada pengelolanya, yaitu saya, dalam menghasilkan uang jajan.

Memang belum banyak, masih berkutat di angka ribuan/hari. Belum jutaan. Apalagi milyaran. Masih jauh dari yang diimpikan. Tetapi, itu tidak menafikan fakta bahwa ada uang yang dihasilkan dari menulis disini.

Jumlah kecil itu ketika dikumpulkan dan digabungkan dengan beberapa blog lain di bawah Lovely Bogor Network ternyata lumayan juga. Bisa dipakai untuk berjalan-jalan dan kuliner di sekitaran Bogor, membeli laptop, membeli kamera, dan sekarang membantu membayar cicilan mobil second di rumah.

Angka itu naik turun, layaknya orang berjualan, tetapi jarang sekali berada pada posisi nol.

Jika ditanya darimana uang itu berasal, maka jawabnya adalah dari iklan yang dipasang di blog kecil ini. Iklan tersebut dari Google Adsense karena saya adalah salah satu blogger yang bekerja sama dengan jaringan periklanan milik perusahaan mesin pencari ternama itu.

Dari iklan-iklan itulah uang recehan itu datang. Setiap pengunjung yang mengklik iklan, maka ada komisi atau uang yang masuk ke akun saya. Juga, meski dalam angka yang lebih kecil, setiap iklan yang tampil, maka ada duit juga yang diberikan kepada saya bahkan tanpa ada orang yang mengklik iklan.

Masih banyak cara lain sebenarnya dan iklan hanyalah salah satunya. Yang lain seperti "content placement" atau penempatan konten dimana pernah memberi saya 1 juta rupiah hanya untuk pekerjaan yang hanya makan waktu kurang dari 15 menit. Dan, masih banyak lagi lainnya yang tidak bisa disebutkan karena terlalu banyak.

Jadi, meski masih kecil-kecilan, saua bisa membenarkan bahwa memang "Tidak bohong, blog bisa menghasilkan uang".

Coba saja sendiri kalau tidak percaya. Tetapi, saya tambahkan informasinya bahwa untuk bisa mendapatkan uang dari blog butuh banyak usaha dan perjuangan, pengorbanan waktu pun diperlukan, dan kreatifitas menjadi andalannya.

Mau coba?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel