Tugu Muda Semarang : Monumen Semangat Pemuda Pejuang

Tugu Muda Semarang :
Tugu Muda Semarang 2018
Tugu Muda Semarang adalah nama yang merujuk pada sebuah monumen berbentuk lilin yang berlokasi di pertemuan 4 jalan utama di ibukota propinsi Jawa Tengah, yaitu Jalan Suryopranoto, Jalan Pnadanaran, Jalan Pemuda dan Jalan Imam Bonjol.

Tugu ini berada di sebuah taman yang dikenal sama dengan namanya, yaitu Taman Tugu Muda dan merupakan salah satu tempat yang merupakan lokasi favorit baik bagi warga Semarang atau wisatawan yang berkunjung ke kota itu.

Bentuk monumen itu sendiri adalah sebuh tugu yang berdiri tegak lurus setinggi +- 53 meter. Perancangnya adalah Salim dan Hendro.

Bangunan ini selesai pembangunannya dan diresmikan oleh Presiden Pertama RI, Ir Soekarno pada tanggal 20 Mei 1953

Tugu Muda Semarang dibangun untuk memperingati Pertempuran Lima Hari di Semarang yang terjadi pada setelah Kemerdekaan RI pada bulan Oktober 1945. Pertempuran ini terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah tewasnya dr. Kariadi, seorang dokter muda yang tewas akibat senjata tentara Jepang.

Tugu ini melambangkan semangat dan kegigihan para pejuang di masa itu, terutama kaum muda dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tugu Muda Semarang :  Monumen Semangat Pemuda Pejuang

Terdapat 3 bagian dari tugu, yaitu landasan, badan, dan kepala. Bagian landasannya menarik karena disana terdapat relief, ukiran yang menggambarkan kehidupan masyarakat di kota itu sejak masa penjajahan hingga merdeka. Ada 5 episode kehidupan digambarkan pada pahahan landasan.

Bagian kepalanya sendiri memiliki bentuk mirip Monumen Nasional di Jakarta, yaitu berbentuk nyala api, yang menggambarkan semangat para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di masa itu.

Tugu Muda Semarang :  Monumen Semangat Pemuda Pejuang

Taman Tugu Muda dimana monumen ini berdiri sendiri merupakan taman yang luas dan nyaman. Diperlengkapi dengan kolam dan kursi untuk pengunjung bersantai sambil menikmati suasana pusat kota Semarang.

Apalagi lokasinya juga berhadapan dengan satu lagi bangunan bersejarah di Semarang, yaitu Lawang Sewu.

Oleh karena itu tidak heran tempat ini menjadi salah satu tempat nongkrong yang enak bagi banyak orang. Banyak wisatawan menyempatkan waktu untuk berfoto atau sekedar duduk-duduk disana . Keluarga dan kaum muda mudi pun banyak yang menghabiskan waktu, terutama di sore hari untuk bercengkerama di kawasan Taman Tugu Muda.

Itulah yang kami lakukan saat mendapat kesempatan berkunjung ke Semarang beberapa hari yang lalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel