Cara Mengenali Stasiun Commuter Line Dari Warnanya


Sedang enak-enak tidur di Commuter Line, kemudian tiba-tiba terbangun dan bingung sudah sampai mana si CL? Atau, kebetulan Anda baru pertama kali naik si KRL dan tidak hapal nama-nama stasiun dan takut stasiun tujuan sudah terlewat. Lalu apa yang harus dilakukan. Paling mudah adalah bertanya kepada penumpang di sebelah kanan, kiri, atau depan. Sekaligus bersosialisasi sedikit dengan orang lain.

Cara Mengetahui Stasiun Commuter Line Dari Warnanya

Kalau Anda berada di sekitar Manggarai hingga Jakarta Kota, sebenarnya ada cara yang lebih mudah lagi. Caranya yaitu coba mengenali stasiun Commuter Line dari warnanya.

Betul dari warnanya. Kebetulan pengelola CL, PT KCI (PT Kereta Commuter Indonesia) memang memberikan warna yang berbeda untuk stasiun yang berada di antara dua stasiun besar itu. Untuk Manggarai dan Jakarta Kota sendiri tidak ada warna khusus, tetapi keduanya mudah dikenali karena memiliki banyak jalur (stasiun Manggarai sekarang punya 12 peron dan Jakarta Kota 12). Jadi, untuk yang dua ini tidak akan susah dikenali (kalau masih susah kebangetan namanya).

Nah, untuk stasiun-stasiun Cikini, Gondangdia, Juanda, Sawah Besar, Mangga Besar, dan Jayakarta, cukup tengok ke jendela dan lihat warna apa stasiunnya. Gambir tidak dimasukkan ke dalam daftar karena sampai saat ini CL tidak berhenti di stasiun besar itu. Stasiun Gambir hanya untuk kereta jarak jauh saja.

Silakan hapalkan warna-warna stasiun Commuter Line di bawah ini (diurut dari stasiun Jakarta Kota sampai Manggarai)

1. Stasiun Jakarta Kota

Tidak akan terlewat. Pasti. Bukan apa-apa stasiun ini merupakan akhir perjalanan dari beberapa trayek Commuter Line seperti Bogor-Jakarta Kota. Jadi, mau tidak mau kereta akan berhenti disini.

Warnanya sih bermacam karena merupakan stasiun yang luas. Hanya saja, kalau dilihat-lihat warna dominannya adalah abu-abu.

Ini fotonya.

Cara Mengenali Stasiun Commuter Line Dari Warnanya

2. Stasiun Jayakarta

Entah apa alasannya. Mungkin karena dekat dengan kawasan Pecinan di Jakarta, Mangga Dua, stasiun Jayakarta selalu seperti sedang merayakan Imlek. MERAH!

Cara Mengenali Stasiun Commuter Line Dari Warnanya

3. Stasiun Mangga Besar

Bisa tebak warnanya. Salah tidak mirip buah mangga, tetapi lebih mirip buah jeruk Sunkist, ORANYE. Cerah menyala. (Foto dibuat dari dua sisi yang berbeda dan cahaya yang berbeda jadi terkesan berbeda pula)

Cara Mengenali Stasiun Commuter Line Dari Warnanya

4. Stasiun Sawah Besar

Yang ini agak repot memotretnya karena terkesan lembut bin kemayu. PINK. Susahnya lagi pinknya, lembut dan berwarna muda.

Warna stasiun commuter line sawah besar pink
Warna Stasiun Sawah Besar - PINK

5. Stasiun Juanda

Nah, stasiun untuk yang mau menuju Monas atau Mesjid Istiqlal ini punya warna yang tenang dan menghanyutkan, BIRU.

warna stasiun commuter line juanda biru

6. Stasiun Gondangdia

Nah, untuk yang satu ini, saya paling hapal. Maklum setiap hari naik dan turun kereta di stasiun ini. Warnanya KUNING. (Motretnya juga susah karena dari sela-sela punggung penumpang lain saking padatnya penumpang)

Warna stasiun commuter line gondangdia kuning

7. Stasiun Cikini

Yang satu ini warna yang paling tidak enak dilihat. Bukan apa-apa, kesannya kusam karena warna yang dipakai adalah kuning muda/cream/krim. Kesannya kurang cerah ceria.

Cara Mengenali Stasiun Commuter Line Dari Warnanya

8. Stasiun Manggarai

Tidak diketahui warnanya karena kebanyakan ruang terbuka. Lagipula saat tulisan ini dibuat, di stasiun itu sedang terjadi pembangunan besar-besaran untuk double track Manggarai - Jatinegara dan banyak sekali alat berat.

Belum diketahui pilihan warnanya. Mungkin kalau sudah selesai proyeknya, ada warna yang diberikan di stasiun ini. Tapi, rasanya sih tidak akan terlewat.

Nah, itulah warna-warna stasiun Commuter Line yang berada di antara Manggarai-Jakarta Kota. Hapalkan yah, jadi tidak perlu bertanya ke penumpang lain untuk tahu nama stasiunnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel