Jangan Pernah Lupa Membersihkan Lensa Kamera

Orang biasanya terjatuh karena kerikil, atau hal-hal yang kecil, seperti kulit pisang dan bukan karena sesuatu yang besar. Kalau besar, orang akan mudah untuk menghindar dan tidak akan terjatuh. Iya kan?

Nah, dalam fotografi, pepatah itupun berlaku. Berhasil atau tidaknya seorang fotografer menghasilkan foto yang bagus dan enak dilihat terkadang ditentukan oleh hal-hal kecil seperti diantaranya adalah lensa kamera yang bersih.

Pengalaman berjalan-jalan ke Semarang dan Rembang beberapa waktu yang lalu, mengingatkan tentang hal itu. Saat hendak memotret beberapa bus Trans Semarang yang melintas, ternyata membuat hati kecewa dan khawatir.

Maklum saja, hasil fotonya tidak sesuai yang diharapkan. Hasil fotonya terlihat ada "kabut" putih tipis yang meyelimuti sebagian besar frame.

Fotonya seperti di bawah ini.

Jangan Pernah Lupa Membersihkan Lensa Kamera

Jangan Pernah Lupa Membersihkan Lensa Kamera

Tentunya hasil foto seperti itu sangat tidak enak dilihat.

Agak khawatir juga dengan yang seperti ini karena pikiran langsung melayang pada kondisi kamera Canon 700D yang mungkin bermasalah.

Tetapi, setelah melakukan sedikit pengecekan, si kamera kesayangan tidak menunjukkan gejala bermasalah sama sekali. Semua beroperasi dengan normal.

Selidik punya selidik, masalah utamanya ditemukan juga. Bukan pada kameranya, tetapi pada lensa yang dipergunakan.

Ruangan Hotel Ibis Budget di Jalan Tendean Semarang yang ber-AC, ternyata menghadirkan embun di kaca lensanya. Ditambah dengan terlihat adanya sedikit sidik jari di atasnya.

Yah, itu saja ternyata masalahnya.

Langsung saja embun dan bekas kotoran itu dibersihkan. Dan, kemudian dicoba untuk memotret kembali obyek yang mirip. Hasilnya, ternyata memang jauh lebih baik. Kabut tipis tidak terlihat lagi dan semuanya terlihat jelas dan tajam, seperti di bawah ini.

Jangan Pernah Lupa Membersihkan Lensa Kamera

Nah, hal itu memberi pelajaran, yang sebenarnya sudah saya hapal tetapi sering dilupakan, yaitu untuk selalu mengecek dan membersihkan lensa kamera. Dengan begitu, peralatan itu menjadi selalu siap sedia untuk dipergunakan.

Hal kecil yang seperti ini justru yang rentan membuat apa yang diinginkan tidak tercapai. Sesuai dengan pepatah di atas.

Tips : baik Anda penggemar fotografi atau bukan, sebaiknya selalu memperhatikan kebersihan lensa kamera. Tidak peduli kamera itu DSLR/Mirrorless atau kamera smartphone, kalau tidak bersih, maka hasil fotonya akan tidak bagus.

Cara membersihkannya sederhana dan bisa mempergunakan lap kacamata atau kain yang berbahan halus (dari katun). Cukup diusap perlahan secara memutar pada bagian yang kotor hingga kaca lensa terlihat mengkilap lagi. Jangan pergunakan bahan yang terbuat dari serat sintetis seperti polyester karena selain tidak menyerap juga rentan membuat goresan pada kaca yang justru memperburuk hasilnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel