Kampung Laut : Bukan Desa Pinggir Laut

Kampung Laut : Bukan Desa Pinggir Laut

Nama Kampung Laut merupakan nama salah satu destinasi wisata yang disarankan untuk dikunjungi bagi siapapun yang hendak melancong ke Kota Lun Pia, Semarang. Rupanya, tempat ini banyak meninggalkan kesan dan ulasan positif dari orang-orang yang pernah berkunjung kesana.

Mungkin, mendengar namanya, Kampung Laut, akan banyak yang membayangkan bahwa tempat wisata ini menawarkan wisata alam atau budaya. Kata "kampung" mungkin menjadi hal yang akan mengarahkan pikiran orang kepada hal ini.

Tetapi, sebenarnya, tidak demikian. Tempat ini tidak menawarkan wisata alam atau budaya. Kampung Laut adalah nama sebuah rumah makan, restoran. Sebuah tempat yang menawarkan bentuk wisata lain, yaitu wisata kuliner.

Kampung Laut : Bukan Desa Pinggir Laut

Hanya saja, berbeda dari rumah makan kebanyakan, yang hanya menekankan kepada unsur kuliner saja, Kampung Laut menawarkan sebuah nuansa yang berbeda.

Rumah makan ini memadukan antara makanan dengan wisata alam. Lokasinya yang berada di wilyaha pesisir pantai Semarang memang memberikan peluang untuk memadukan itu.Pengunjung bisa menikmati bukan hanya apa yang dipesan, tetapi juga berbagai hal lain, seperti pemandangan pantai, dan bahkan melakukan satu kegiatan lain yan biasa dilakukan di laut, yaitu memancing.

Sebuah kombinasi yang lumayan unik memang.

Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau banyak pengunjung yang datang terlihat bukan sedang menyantap hidangan saja, tetapi sedang bermain dengan pancingnya selama berada disana.

Kampung Laut : Bukan Desa Pinggir Laut
Nama Kampung Laut sendiri , yang berlokasi di Jalan Anjasmoro Raya ini, sebenarnya cukup pas juga kalau melihat ukurannya. Cukup luas dan sama dengan ukuran sebuah Desa.

Ada ratusan tempat duduk, puluhan gubuk/bangunan untuk berbagai kegiatan, dan berbagai area pelengkap lainnya. Bahkan, disana juga disediakan lokasi khusus dengan latar belakang yang indah bagi para penggemar foto.

Silakan lihat saja foto-fotonya di bawah ini.




Kampung Laut : Bukan Desa Pinggir Laut


Kampung Laut : Bukan Desa Pinggir Laut

Kampung Laut : Bukan Desa Pinggir Laut

Jenis kulinernya sendiri, sesuai dengan namanya yang mengandung kata "Laut" menitik beratkan pada berbagai olahan hasil tangkapan di laut, seperti ikan, udang, tiram, dan masih banyak lagi lainnya. Tetapi, tentu saja ada jenis makanan lain bagi mereka yang tidak menyukai "seafood" atau makanan laut karena alergi atau hal lainnya.

Menyenangkannya adalah hidangan laut yang disajikan masih menggunakan bahan yang segar. Bisa dimengerti karena lokasi ibukota Jawa Tengah ini yang berada di pinggir pantai. Suplai hasil tangkapan di laut banyak sekali dan bisa didapat dengan cepat. Itulah mengapa rasa udang atau cuminya terasa manis karena masih segar.


Bagaimana dengan harga ? Pasti ada yang juga bertanya tentang hal ini. Sayangnya, saya tidak bisa menjawab dengan mahal atau murah. Bagaimanapun ukurannya akan berbeda setiap orang.

Yang bisa saya gambarkan adalah harganya kurang lebih sama dengan makan di kawasan Muara Angke , Jakarta, atau di restoran Bandar Jakarta yang juga menyajikan makanan laut. Kurang lebihnya.

Memang, kalau dipakai ukuran beberapa kota pesisir lainnya, seperti Rembang, harga makanan di Restoran Kampung Laut berada di sisi atas.

Tetapi, kalau dibandingkan dengan rasa dan juga apa yang didapat disana, harga tersebut termasuk wajar dan tidak berlebihan. Ada rasa puas setelah menikmati makanan dan suasana disana.

Kampung Laut : Bukan Desa Pinggir Laut

Setelah berkunjung kesana bulan Desember tahun yang lalu (2018), saya bisa mengerti mengapa restoran ini mendapatkan banyak review positif dari banyak orang. Sayapun merasakan hal yang sama dan untuk itulah tulisan ini dibuat.

Kampung Laut : Bukan Desa Pinggir Laut

Untuk itulah, saya akan menyarankan kepada Anda yang hendak bermain dan berwisata ke Semarang, ada baiknya untuk memasukkan nama Kampung Laut dalam daftar tempat yang harus dikunjungi.

Boleh diikuti atau tidak. Bukan paksaan kok.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel