Mengapa Pakaian Petugas Kebersihan Di Jalan Warnanya Mencolok?

Tahukan Pasukan Oranye? Kalau Anda orang Jakarta, tentu sudah mengenal mereka. Di keseharian mereka akan terlihat menyusuri berbagai jalan ibukota berbekal sapu dan pengki, serta alat-alat kebersihan lainnya.

Mereka adalah petugas kebersihan yang bertanggung jawab menjaga kebersihan di berbagai wilayah ibukota ini.

Julukannya diambil dari warna pakaian seragam yang dikenakannya, yaitu Oranye. Mirip dengan warna jeruk Sunkist yang menyala terang dan sangat mencolok.

Mengapa Pakaian Petugas Kebersihan Di Jalan Warnanya Mencolok?

Warna yang sebenarnya tidak begitu enak untuk dilihat dan bisa disebut jauh dari enak dipandang mata. Terlalu cerah.

Meskipun demikian, penggunaan warna mencolok ini bukanlah tanpa sebab dan alasan. Tentunya pembuat keputusan terkait seragam petugas kebersihan Jakarta ini bukan sekedar karena iseng saja memilih warna itu. Bahkan, bisa dikata pasti sudah berdasarkan pertimbangan yang matang.

Salah satu faktor penentu dari pemilihan warna seperti itu adalah keselamatan.

Penggunaan warna cerah dan mencolok seperti ini dilakukan bukan hanya di Indonesia saja, tetapi di banyak negara maju. Terutama, dikenakan untuk mereka yang bertugas di jalanan.

Tujuannya agar pengendara bisa melihat keberadaan mereka dari jarak jauh dengan begitu para pekerja ini akan terhindar dari ditabrak oleh pengendara. Pakaian ini juga dimaksudkan agar bisa terlihat saat cahaya kurang tersedia, seperti di malam hari.



Pakaian jenis ini biasanya menggunakan bahan yang dinamakan HI-VIS atau High Visibility (Mudah Terlihat).

Jadi, bukan karena gaya-gayaan saja, tetapi hal itu merupakan salah satu syarat wajib di banyak negara untuk keselamatan kerja.

Mengapa Pakaian Petugas Kebersihan Di Jalan Warnanya Mencolok?


Bukan hanya pakaiannya saja, tetapi kalau memang perlu helm dan peralatan lain bagi pekerja di lapangan seperti Pasukan Oranye ini akan diberi warna yang senada. Cerah dan mencolok.

Jika seragamnya berbeda, seperti polisi, yang tentunya tidak bisa diubah, maka akan ada seragam tambahan berupa rompi dengan warna yang mencolok.

Semua itu demi keselamatan.

Itulah mengapa warna Pasukan Oranye begitu membuat "silau" mata.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel