Photo Of The Day : Ajang Lomba Foto Para Komuter

Photo Of The Day : Ajan Lomba Foto Para Komuter

Photo of The Day kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi "Foto Hari Ini". Nama ini merujuk pada sebuah segmen lomba fotografi yang hanya diketahui para komuter, atau pengguna jasa Commuter Line, nama kekinian dari KRL Jabodetabek. Jadi, sangat mungkin mereka-mereka yang tidak pernah naik transportasi publik ini tidak akan pernah tahu ada lomba foto ini.

Khusus dan spesial untuk para komuter.

Kok bisa?

Yah, maklum saja karena lomba ini adalah lomba rutin. Tiap bulan diadakan dan dengan tema yang berbeda-beda. Setiap bulan, atau setiap kali diadakan ada tema barunya.

Yang membuat selain komuter tidak akan tahu adalah karena pengumuman temanya tidak dilakukan via media massa atau media sosial. Tema bulanannya akan diumumkan di atas kerata, yaitu di layar display yang terdapat di dalam beberapa rangkaian Commuter Line (CL).

Photo Of The Day : Ajan Lomba Foto Para Komuter

Kalau tidak pernah naik CL maka tidak akan pernah tahu apa tema yang sedang dilombakan dalam ajang itu.

Alasan lainnya mengapa Photo of The Day adalah ajang khusus komuter juga disebabkan temanya akan selalu berkaitan dengan kehidupan di lingkungan Commuter Line. Baik itu di stasiun atau di atas keretanya. Tidak di luar itu.

Jadi, cocoklah kalau dikatakan Photo of The Day adalah lomba foto khusus para komuter.


Penyelenggaranya adalah MacroAd Linikini yang merupakan partner dari PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) untuk urusan promosi dan periklanan.

Pesertanya bisa siapa saja dan tidak dibatasi usia. Juga tidak ada batasan tentang kamera yang dipakai. Boleh kamera DSLR/Mirrorless atau sekedar kamera smartphone. Semua diperkenankan untuk itu.

Meskipun demikian, mengingat terkadang para Petugas Keamanan Dalam masih agak curiga melihat orang menenteng kamera non smartphone, rasanya untuk ikut lomba ini, kamera smartphone merupakan yang paling tepat.

Lagipula lebih mudah membawanya berkeliling mencari obyek foto.

Obyeknya bisa apa saja. Mulai dari tingkah laku penumpang, situasi dan kondisi stasiun, atau apapun selama berada di dalam lingkungan Commuter Line. Tentunya juga, sesuai dengan tema yang ditetapkan.

Ada hadiahnya.

Pasti, sebuah lomba tanpa hadiah seperti sayur tanpa garam. Tidak seru. Bentuknya bisa beragam, terkadang berupa uang, tetapi bisa juga berupa voucher yang disediakan oleh sponsor.

Nah, bagi siapapun yang ingin mengikutinya, caranya mudah :

1. Follow akun @Linikini_id di Instagram, Facebook, Twitter
2. Kemudian unggah foto di Twitter atau Unstagram dan beri caption
3. Cantumkan dua tagare "Commuterlife dan #POTDLinikini
4. Jangan lupa tag @linikini_id

Selesai. Selebihnya tinggal tunggu pengumuman saja apakah berhasil atau tidak. Kalau berhasil, nama dan fotonya akan dipasang di depan ribuan orang, yaitu para komuter yang kebetulan CL yang pada dinaikinya ada layar display.

Dan, kemudian tinggal mengambil hadiahnya.

---

Bukan sebuah lomba besar dengan hadiah besar dan diikuti nama-nama besar dalam dunia fotografi. Meskipun demikian, ajang Photo of The Day bisa dikata merupakan sebuah langkah maju dalam dunia perkeretaapian Indonesia.

Sebelumnya, memotret, bahkan dengan smartphone sekalipun bisa berujung pada teguran dari petugas disana. Peraturannya memang melarang pemotretan yang dilakukan tanpa izin.

Dengan adanya, lomba foto kecil-kecilan ini, hal itu sudah tidak lagi menjadi masalah. Siapapun boleh memotret di lingkungan stasiun atau di dalam kereta.

Jika Anda penggemar fotografi sekaligus komuter, mungkin hal ini bisa memberikan sedikit pengisi waktu saat bosan menunggu kereta atau dalam perjalanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel