Ubah Dunia Dengan Merubah Dirimu Sendiri - Tips Jack Ma #005


Orang sukses memang biasa berfilosofi dan perkataan mereka akan didengar banyak orang. Mungkin karena didengar oleh orang banyak, maka mereka berfilosofi.

Entahlah yang mana ujung pangkalnya, tetapi tidak ada salahnya mencoba meresapi apa yang mereka katakan karena setidaknya itu bisa memberi inspirasi bagi kita dalam menjalani kehidupan.

Salah satu yang paling menarik adalah tentang satu tips dari Jack Ma terkait bagaimana merubah dunia. Rupanya caranya sederhana sekali dan terangkum dalam sebuah pernyataan, yaitu :

If we want to change the world, we change ourselves
  Terjemahannya :

Jika kita mau merubah dunia, kita harus merubah diri sendiri
Banyak yang tidak akan percaya bahwa cukup dengan jalan sederhana seperti itu, maka seseorang bisa "merubah" dunia.

Tetapi, coba kita bayangkan saja dalam sebuah ilustrasi yang sederhana.

"Seorang yang terbiasa bangun jam 10 pagi setiap hari, kemudian ia merubah kebiasaannya itu dan bangun tepat pukul 05.00 pagi"

 Kira-kira apa yang terjadi? Banyak sekali kalau hal itu menjadi rutinitas yang baru.

1. Orang lain akan menganggapnya bukan lagi pemalas dan mau memberikan peluang bekerja kepadanya
2. Istri (kalau ia sudah berkeluarga) akan merasa senang dan bersemangat karena kepala keluarganya berubah menjadi orang "normal"
3. Rasa segar membuat orang itu lebih mudah untuk berpikir

Serta, masih banyak lagi perubahan lainnya karena sebuah hal yang kecil saja.

Apakah dunia berubah? Ya, tentu saja. Dunia, setidaknya di bagian dimana ia tinggal akan mengalami perubahan. Mungkin tidak signifikan tetapi tetap berubah.

Dunia berubah.

Sekecil apapun perubahan yang kita lakukan, maka dunia akan berubah.

Hal itu bisa terjadi karena pada dasarnya "dunia" terdiri dari berbagai elemen-elemen penting yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Salah satu elemen berubah, maka bagian lainnya pun akan berubah pula.

Bedanya memang jenis perubahan itu sendiri.

Orang sekelas Jack Ma, salah seorang milyuner di dunia, tentunya akan menyebabkan perubahan dalam lingkup yang lebih luas dibandingkan orang "biasa". Hal itu bisa dimengerti karena selain punya suara, ia punya kekuatan yang membuat apa yang dilakukannya bergaung dan mempengaruhi orang banyak.

Begitu juga dengan Barack Obama, Oprah Windfrey, dan orang terkenal lainnya. Kemampuan mereka merubah dunia lebih besar.

Tetapi, tidak berarti orang biasa seperti kita tidak membuat dunia berubah. Perubahan itu akan tetap ada saat kita merubah kebiasaan kita.

Seperti blog kecil ini, memang seperti tidak bermakna apa-apa, selain dianggap kerjaan orang iseng, tetapi, bukan tidak mungkin suatu waktu ada satu dua orang yang terinspirasi dan kemudian merealisasikan hal itu ke dunia nyata.

Saat itu terjadi, maka dunia pun akan berubah lagi. Dan, saya sebagai pemilik blog ini bisa dikata berperan dalam melakukan perubahan dunia.

Kira-kira begitulah makna dari apa yang disampaikan sang milyuner pendiri Alibaba dalam pernyataan "Ubah dunia dengan merubah dirimu sendiri".


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel