ZIP Bike Bukan ZIB BIKE : Bersepeda Di Atas Kabel

ZIP Bike Bukan ZIB BIKE : Sepeda Gantung Kabel
Zip Bike di Puncak Mas Bandar Lampung

Ada sebuah wahana permainan baru (tidak begitu baru juga sebenarnya) yang banyak digemari orang saat berkunjung ke sebuah lokasi wisata. Hampir semua destinasi wisata terutama yang berada di ketinggian atau lereng akan menyediakannya. Namanya ZIP BIKE.

Bentuk permainan ini berupa sepeda yang berjalan di atas kabel yang terentang antara dua titik pada ketinggian (sekitar 20-50 meter dari atas tanah)

Wahana ini menjadi idola karena selain bisa memberikan sebuah pengalaman yang "menegangkan". Bagaimanapun adrenalin akan terpacu berada beberapa puluh meter di atas tanah. Sesuatu yang memberikan pengalaman berbeda dibandingkan sekedar berkeliling di sebuah lokasi wisata.

Belum lagi ditambah biasanya penumpang Zip Bike akan disuguhi oleh pemandangan yang indah dan bersih dari ketinggian. Dan, yang pasti akan menghasilkan foto yang "cool" untuk diunggah di media sosial.

Itulah mengapa permainan ini menjadi salah satu wahana populer dimanapun.

ZIP Bike Bukan ZIB BIKE : Sepeda Gantung Kabel

Menyenangkan loh! Dan, seru. Mengayuh sepeda di ketinggian seperti ini.

Sebenarnya keamanannya juga cukup terjamin karena setiap penumpangnya akan diberi sling/kabel pengaman yang mencegahnya terjatuh kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Juga, kalau sang penumpang tidak sanggup sepeda ini bisa ditarik dari ujungnya.

ZIP Bike Bukan ZIB BIKE : Sepeda Gantung Kabel

Di Indonesia sendiri, wahana permainan ini banyak disebut dengan ZIB Bike oleh penyedia maupun masyarakat. Sesuatu yang sebenarnya kurang tepat.

Istilah tepatnya adalah Zip Bike karena diambil dari gabungan dua buah kata Zipline + Bike.

Zipline adalah kabel yang direntangkan dan tergantung pada ketinggian. Biasanya posisinya menurun dari atas ke bawah, sama seperti yang dipergunakan pada permaiann Flying Fox. Sedangkan, bike berarti sepeda.

Sedangkan Zib sendiri tidak ditemukan katanya dalam perbendaraan kata bahasa Inggris.

Hanya bisa dimengerti, terkadang keseleo lidah terjadi pada pengguna bahasa asing dan kemudian ditiru oleh banyak orang. Hasilnya, istilah itu menjadi umum, meski "salah".



Tetapi, tidak begitu penting sebenarnya karena apapun namanya Zip Bike adalah wahana permainan yang menyenangkan untuk dicoba. Terutama bagi Anda yang bosan dengan yang itu itu saja dan butuh sedikit tantangan dan ketegangan.

Mau coba?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel