2 Kunci Membuat Latar Belakang Blur Pada Foto Dengan Smartphone

2 Kunci Membuat Latar Belakang Blur Pada Foto Dengan Smartphone

Latar belakang blur pada foto atau yang dikenal dengan bokeh merupakan salah satu cara yang paling umum digunakan untuk membuat tampilan sebuah foto menjadi terlihat artistik. Sebuah foto dengan bokeh sering terlihat menarik karena obyek utamanya menjadi menonjol dibandingkan yang lain.

Banyak yang mengira bahwa membuat latar belakang blur pada foto hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kamera DSLR atau Mirrorless yang berharga jutaan rupiah dan dengan lensa khusus. Banyak juga yang menduga bahwa hal itu hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau dengane melakukan proses editing pada foto.

Keduanya tidak benar.

Bokeh bisa juga dihasilkan hanya dengan menggunakan kamera ponsel pintar dan bahkan tanpa menggunakan aplikasi tertentu.

Semuanya bisa dilakukan langsung asal pemotretnya tahu dua kunci utama dalam membuat bokeh, yaitu :

1. Memotret dari jarak sedekat mungkin dengan obyek yang difoto (terkadang hanya berjarak 20-30 centimeter saja)
2. Latar belakang atau bakcground harus berada sejauh mungkin dari obyek yang difoto

Kedua hal ini merupakan kunci dan syarat mutlak dalam membuat bokeh yang bagus (tanpa aplikasi pengedit foto). Hal ini juga berlaku bahkan bila kamera yang dipergunakan adalah DSLR atau Mirrorless dengan lensa khusus bokeh. Tanpa memperhatikan kedua hal ini, latar belakang blur yang diharapkan tidak akan bisa dihasilkan.

2 Kunci Membuat Latar Belakang Blur Pada Foto Dengan Smartphone


Cara melakukannya, jika menggunakan smartphone, sederhana


  1.  Pilih obyek (kalau bisa jangan yang terlalu besar karena ponsel pintar memiliki keterbatasan)
  2.  Aktifkan fitur-fitur seperti Portrait, Depth of Field, atau kalau bisa menggunakan manual, atur agar diafragma berada pada posisi lebar, seperti f/1.8. Kalau tidak bisa , memakai mode auto atau otomatis pun tidak masalah
  3. Arahkan kamera dari jarak sekitar 20-40 centimeter dari obyek yang akan dipotret
  4. Perhatikan latar belakangnya, apakah ada benda yang berjarak terlalu dekat atau tidak. Sebaiknya pastikan latar belakang kosong saja atau benda terdekat berada jauh dari obyek
  5. Fokuskan kamera ke obyek dan stabilkan
  6. Tekan shutter dan tetap pegang smartphone supaya stabil
  7. Silakan lihat hasilnya

Memang, dibandingkan kalau menggunakan DSLR/Mirrorless dengan lensa khusus, hasilnya terlihat berbeda. Maklum smartphone tidak didesain untuk memotret. Tetapi, Anda akan bisa melihat bahwa latar belakang fotonya kabur dan tidak jelas.

Semua smartphone bisa dipergunakan untuk membuat bokeh seperti ini, tetapi kamera smartphone kelas atas biasanya akan menghasilkan bokeh yang lebih halus karena lensan kameranya memang lebih baik.

Tetapi, kalau sekedar untuk belajar atau membuat latar belakang kabur biasa saja, smartphone jenis apapun bisa menghasilkannya. Dengan catatan kedua hal di atas dilakukan.

2 Kunci Membuat Latar Belakang Blur Pada Foto Dengan Smartphone

Semua foto dalam tulisan ini dibuat hanya dengan menggunakan smartphone OPPO A3 saja.

Lumayan enak dilihat kan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel