Diorama Kebakaran Hutan Museum Satwa - Hewan Pun Bisa Panik [Jatim Park]

Diorama Kebakaran Hutan Museum Satwa - Hewan Pun Bisa Panik [Jatim Park]
Diorama Kebakaran Hutan di Museum Satwa , Jatim Park
Foto di atas bukan menunjukkan kejadian sebenarnya, tetapi hanya merupakan sebuah diorama situasi kebakaran hutan yang ada di Museum Satwa, Jatim Park.

Sebuah diorama yang termasuk spesial dan agak berbeda dari berbagai diorama yang ditampilkan di kawasan wisata yang berlokasi di Batu, Jawa Timur. Mayoritas diorama lainnya menggambarkan kehidupan dan aktifitas hewan di alam liar, tempat mereka hidup. Tetapi, yang satu ini juga dibuat untuk menyampaikan pesan kepada yang melihat.

Dalam diorama kebakaran hutan ini digambarkan situasi yang "sangat mungkin" terjadi ketika api melalap pohon-pohon dan apa yang dialami oleh berbagai fauna yang hidup di dalam kawasan itu.

Panik.

Takut.

Banyak orang berpandangan bahwa hewan, karena tidak bisa berpikir seperti manusia, mereka tidak bisa merasakan takut. Padahal, banyak fakta mengatakan bahwa apa yang dialami dan dirasakan oleh manusia juga dialami oleh hewan-hewan.

Kalau manusia pun merasa takut dan panik saat kebakaran terjadi di rumah mereka, hal yang sama akan dirasakan juga oleh binatang. Mereka juga bisa merasakan takut, panik, dan juga sedih.

Gambaran itu tersampaikan dengan baik secara visual dan sulit tidak tertangkap oleh siapapun yang melihat diorama ini.

Beruang coklat, coyote, dan beberapa binatang lainnya, digambarkan berusaha mencari tempat persembunyian dari api yang terlihat melalap pepohonan. Wajah panik dan bingung mereka tertuang dengan jelas pada diorama yang satu ini.

Diorama Kebakaran Hutan Museum Satwa - Hewan Pun Bisa Panik [Jatim Park]

Rupanya diorama yang satu ini memang dirancang dan dibuat oleh pengelola Museum Satwa kepada siapapun yang berkunjung kesana tentang sebuah hal.

Pesan itu adalah tentang pentingnya kelestarian lingkungan. Dari diorama ini, para wisatawan diperlihatkan apa yang terjadi jika lingkungan menjadi rusak karena tingkah manusia yang kerap hanya memikirkan keuntungan dengan membakar hutan.

Siapapun yang melihat diingatkan kembali bahwa banyak makhluk hidup, seperti hewan yang terancam kehidupannya akibat ulah manusia yang kerap tidak memikirkan nasib mereka saat merambah hutan dan merusaknya.

Sebuah diorama yang menarik dan menjadi pengingat bahwa kerusakan hutam akan bisa mempengaruhi kehidupan makhluk hidup lainnya.

(Foto : Arya Fatin Krisnansyah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel