GAZ 69 : Knalpotnya Menghadap Ke Atas - Museum Angkut #1

Bila Anda berkunjung ke Museum Angkut di Batu, Malang, Jawa Timur, Anda mungkin akan melihat sebuah kendaraan berwarna hijau dan di bagian pintunya diberi tanda Palang Merah. Nomor kendaraannya tertulis "GAZ 69 - 1972, 2.100CC".

Kendaraan ini masih bisa berfungsi karena kerap dipergunakan untuk ikut pawai kendaraan kuno yang diadakan museum itu.

Nah, pernahkah Anda tahu tentang kendaraan ini? Bentuknya, seperti foto di bawah ini :

GAZ 69 : Knalpotnya Menghadap Ke Atas - Museum Angkut #1
Foto : Arya Fatin Krisnansyah

Gagah memang. Tetapi, mungkin Anda akan bertanya, cerobong apa yang ada di kap mesin dan mengarah ke langit itu? Iya kan? Apa fungsinya?

Pipa besi yang mengarah ke atas itu adalah knalpot. Semua kendaraan bermotor butuh knalpot untuk melepas asap hasil pembakaran mesin. Tanpa itu, kendaraan tersebut tidak akan bisa berjalan.

Pada GAZ 69, penempatannya berbeda dengan kendaraan umum dimana knalpotnya mengarah ke belakang. Pipa pembuangan asap GAZ mengarah ke atas. Tujuannya agar ketika kendaraan melintas medan berat dan berair, seperti sungai, kendaraan ini tidak akan mogok, seperti kebanyakan mobil ketika terendam banjir.

Maklum saja, GAZ 69 memang diciptakan lebih banyak untuk tujuan kemiliteran. Jadi, mobil sejenis jeep ini diciptakan agar tahan banting dan bisa dipergunakan segala medan.

Negara pembuatnya adalah Uni Soviet (sebelum terpecah menjadi berbagai negara). Kendaraan ini pertama kali dirancang tahun 1946-1947, setelah Perang Dunia berakhir. Meskipun demikian, GAZ 69 baru resmi beroperasi, setelah melewati berbagai tes yang berat, sekitar tahun 1953.

Kurang lebih 600.000 GAZ 69 dari berbagai tipe diproduksi untuk kepentingan militer hingga tahun 1972. Produsen dan perancangnya adalah orkovsky Avtomobilnyi Zavod, Gorky Automobile Factory (Pabrik Mobil Gorky). Beberapa negara di bawah blok Timur (komunis) mendapatkan lisensi untuk membuatnya sendiri.

Ada banyak versi yang dilahirkan selama itu, mulai dari ambulans, truk pengangkut, hingga kendaraan anti tank.

Bagaimana GAZ 69 bisa hadir di Indonesia ? Jangan heran kalau kendaraan yang satu ini ada di Indonesia. Pada tahun 1960-an, hubungan Indonesia dan Uni Soviet sangatlah dekat. Banyak persenjataan Indonesia, mulai dari pesawat, kapal, peluru kendali berasal dari negara berung merah itu. Jadi, tidak heran kalau mobil berknalpot ke atas ini menjadi salah satu bagian peralatan tempur yang pernah bertugas di dalam Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Itulah sekilas cerita tentang GAZ 69.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel