Toyota DA/FA : Si Buaya Awal Populernya Toyota Di Indonesia - Museum Angkut #2

Museum pada dasarnya memang menyimpan benda-benda yang dianggap bersejarah dan penting di suatu masa. Begitu pula, Museum Angkut di Batu, Malang, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan berbagai hal yang berperan dalam perkembangan kehidupan bertransportasi di Nusantara.

Salah satu buktinya adalah sosok yang dikenal sebagai Toyota Buaya. Bentuknya, seperti di bawah ini.

Toyota DA/FA : Si Buaya Awal Populernya Toyota Di Indonesia - Museum Angkut #2

Tentunya, nama aslinya bukanlah Toyota Buaya, tetapi Toyota DA/FA. Nama buaya disematkan kepada kendaraan yang satu ini karena kalau kap mesinnya dibuka, maka kendaraan ini akan terlihat seperti buaya yang sedang menganga.

Mobil/truk ini bersama dengan Toyota FJ40 merupakan cikal bakal terkenalnya nama Toyota, produsen mobil dari Jepang, di Indonesia. Masuk pertama kali sekitar tahun 1960-an, zaman dimana PT Toyota Astra Motor, yang sekarang menjadi pemegang merk tunggal mobil Toyota berdiri.

Pengimpornya diperkirakan oleh importir umum dan kendaraan ini di kala itu lebih banyak dipergunakan untuk bidang kemiliteran.

Kode DA/FA yang melekat padanya menunjukkan jenis  bahan bakar yang dipergunakan, yaitu DA untuk versi diesel berbahan bakar solar, dan FA untuk versi peminum bensin. Keduanya memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, yaitu sekitar 3,878 cc (bensin) - 6,494 cc (diesel).

Penggunaannya lebih untuk transportasi barang atau dalam jumlah besar. Bahkan, juga ada versi bisnya.

Kehandalan dan kebandelan dari Toyota DA/FA ini sangat disukai di kala itu. yang memikat para penggunanya di Indonesia.

Penjualannya masih terus dilakukan hingga awal 1980-an via PT Toyota Astra sebelum kemudian digantikan oleh Toyota Dyna. Meskipun demikian, selain satu yang mendekam di Museum Angkut, Jatim, masih ada beberapa Toyota Buaya yang tetap beroperasi.

Coba saja pergi ke Bandung dari Bogor/Jakarta via jalur Puncak dan kemudian melewati perbukitan kapur di kawasan Padalarang dimana banyak produsen granit. Anda akan melihat sesekali beberapa "Buaya" yang tersengal-sengal mengangkut batu kapur raksasa menuju tempat pembakaran.

Sebuah bukti betapa handalnya si Toyota DA/FA ini dan mengapa pembelinya sangat menyukainya. Dan, mengapa merk Toyota dikenal hingga saat ini sebagai merk mobil yang handal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel