70 Fakta Menarik Tentang Greenland / Tanah Hijau

70 Fakta Menarik Tentang Greenland / Tanah Hijau

Greenland adalah nama sebuah negara yang berada di belahan Utara. Negara ini termasuk salah satu wilayah yang memiliki suhu terdingin di dunia karena lokasinya yang dekat dengan Kutub Utara Bumi.

Meskipun demikian, Greenland juga terkenal sebagai sebuah kawasan turisme yang terkenal di seluruh dunia karena memiliki banyak sekali lanskap yang indah an menarik. Salah satu yang paling disukai adalah pemandangan "Aurora" atau si Cahaya Utara dimana atmosfer seperti berpendar. Sebuah pemandangan yang tidak ditemukan di wilayah lain.

Nah, tahukah Anda bahwa ada banyak fakta menarik lain terkait dengan negara yang satu ini, selain tentunya si Aurora Borealis.

Silakan ikuti fakta menarik tentang Greenland di bawah ini.

1) Nama Greenland berarti "Tanah Rakyat" dan ditemukan oleh para Viking di abad ke-10

2) Hampir 80 persen dari massa daratan ditutupi oleh lapisan es dan gletser. Meskipun hanya sebagian kecil saja yang tanahnya tidak tertutup es luasnya  hampir sebesar Swedia.

3) Icefjord Ilulissat, Situs Warisan Dunia UNESCO, adalah gletser terbesar di luar Antartika.

4) Greenland memiliki populasi sekitar 57.000, sekitar 15.000 di antaranya tinggal di ibukota Nuuk.

5) Perburuan anjing laut, perburuan paus, perburuan dan penangkapan ikan adalah sumber utama pendapatan bagi penduduk di Greenland. Dalam beberapa tahun terakhir, industri pariwisata negara ini telah berkembang juga.

6) Para ilmuwan memperkirakan bahwa lapisan es Greenland berusia antara 400.000 dan 800.000 tahun.

7) Greenland adalah koloni Denmark sampai 1953, sebelum menjadi sebuah negara. Greenland memiliki pemerintahan sendiri pada tahun 1979 dan mulai pemerintahan sendiri penuh pada tahun 1981. Bentuk pemerintahannya adalah monarki konstitusional, dengan 31 anggota parlemen unikameral yang disebut Landsting dan perdana menteri. Mereka terus menjaga hubungan dekat secara politis dengan Denmark dan mengirim dua perwakilan ke Parlemen Denmark  dan kepala negaranya secara resmi adalah raja Denmark. Greenland juga menggunakan krone Denmark sebagai mata uang resmi.

8) Ada sejumlah sumber air panas yang menarik pengunjung sepanjang tahun karena memiliki suhu nyaman bagi manusia yang berkisar antara 98 dan 100 derajat Fahrenheit.

9) Kota terbesar di Greenland selatan adalah Qaqortoq, yang telah dihuni sekitar 4.300 tahun. Mampirlah ke museum Qaqortoq untuk melihat masa lalu dengan koleksi seni dari budaya Dorset, Thule, dan Norse.

10) Gereja Hvalsey, yang merupakan gereja Kristen pertama di benua itu, adalah salah satu reruntuhan Norse yang paling terpelihara.


11) Pada pertengahan Maret setiap tahun, pecinta golf dapat bergabung atau menonton Ice World World Championships di Uummannaq. Acara golf dua hari ini berbeda karena berlangsung di jalan setapak di atas es, di antara gunung es dan di ladang salju.

12) Penduduk Greenland aslinya berasal dari Asia Tengah

13) Negara ini secara geografis bagian dari Amerika Utara, tetapi secara politis adalah bagian dari Eropa.

14) Matahari tidak terbenam dari 25 Mei hingga 25 Juli. 21 Juni, hari terpanjang tahun ini, adalah hari libur nasional. Juli adalah satu-satunya bulan ketika suhu Greenland mencapai di atas titik beku

15) Greenland memiliki ekonomi yang tertutup dan mandiri sampai Perang Dunia II.

16) "Kayak" dan "igloo" adalah kata-kata Greenland yang telah diadopsi secara langsung oleh bahasa lain

17) Lapisan es Greenland timur laut telah kehilangan lebih dari 10 miliar ton es setahun sejak 2003, menurut sebuah studi Perubahan Iklim Alam

18) Banyak dari pariwisata Greenland berputar di sekitar flora dan fauna. Satwa liar yang paling dicari termasuk beruang kutub, paus bungkuk, musk oxen, walrus, rusa kutub dan elang laut

19) Bendera negara itu memiliki simbol beruang kutub di perisai biru - beruang kutub dimaksudkan untuk melambangkan fauna Greenland dan biru melambangkan Samudra Atlantik dan Arktik

20) Bahasa resmi negara itu adalah Greenland dan Denmark, meskipun bahasa Inggris dipahami secara luas


21) Meskipun sebagian besar negara ditutupi es, di banyak tempat (terutama di Selatan), seperti namanya, tanah yang sangat hijau tempat pertanian berkembang.

22) Greenland adalah pulau terbesar di dunia, tidak termasuk Australia dan Antartika yang merupakan benua.

23) Dengan populasi kurang dari 60.000 orang, Greenland adalah salah satu negara dengan populasi paling sedikit di dunia.

24) Greenland memiliki lapisan es yang sangat besar, sehingga jika semuanya mencair, permukaan laut dunia akan naik 7 meter.

25) Di sebagian besar negara suhu hanya di atas nol pada bulan Juli.

26) Tidak ada jalan yang menghubungkan kota Greenland. Ada terlalu banyak Fjords di antaranya.

27) Ada kurang dari 3000 mobil di seluruh negeri. Sebagian besar transportasi adalah dengan perahu.

28) Jalur Umiac Arktik menghubungkan sebagian besar kota dan pemukiman di sepanjang pantai Barat.

29) Perjalanan pulang-pergi penuh membutuhkan 80 jam di setiap arah.

30) Penduduk Greenland yang paling awal diketahui berasal dari sekitar 2500 SM, menurut temuan arkeologis pemukiman Eskimo di Teluk Disco di pantai barat daya.


31) Menjelang akhir Milenium pertama, Norwegia dan Islandia datang untuk bermukim di Greenland

32) Orang Norwegia dipimpin di sana pada tahun 986 oleh seorang Viking bernama Eric the Red, yang telah diusir dari tanah kelahirannya selama tiga tahun karena telah membunuh seseorang dalam suatu perselisihan

33) Leif Erikson, salah satu pemukim Norse awal, berlayar dari Greenland untuk menemukan Amerika Utara, 5 abad sebelum Columbus menemukan Amerika Selatan.

34) Greenland menjadi bagian dari Kekaisaran Norwegia pada abad ke-13. Antara 1380 dan 1397, ini bergabung dengan Denmark sebagai bagian dari Kalmar Union.

35) Permukiman Norwegia secara bertahap menghilang, mungkin karena kondisi cuaca yang memburuk.

36) Para ilmuwan yang telah mempelajari inti es, percaya bahwa pola suhu Greenland telah berubah berkali-kali selama 100.000 tahun terakhir.

37) Bajak laut adalah alasan lain yang mungkin untuk sekarat dari pemukiman Norse. Bajak laut datang dari sejauh negara Basque.

38) Gereja Hvalsey adalah salah satu sisa-sisa kehidupan Norse yang paling terpelihara di Greenland.

39) Dengan kepergian Norwegia, orang Inuit dibiarkan memegang kendali.

40) Pada abad kedelapan belas, Denmark, mengingat hubungan lama dengan Norwegia, mengklaim kepemilikan pulau itu


41) Pada tahun 1946 Amerika Serikat menawarkan untuk membeli Greenland dengan harga $ 100.000.000, tetapi Denmark menolak untuk menjual

42) Pada tahun 1950, Pemerintah Denmark memberikan izin untuk membangun pangkalan udara Thule yang besar

43) Pangkalan udara ini diperluas antara tahun 1951 dan 1954 dan seluruh populasi dari tiga desa terdekat, dipaksa untuk pindah sejauh 100 kilometer

44) Tanpa diketahui Pemerintah Denmark, Amerika berusaha membangun situs peluncuran nuklir rahasia di pangkalan ini, tetapi memutuskan pada 1966 bahwa skema itu tidak praktis.

45) Pada tahun 1968, sebuah bomber B-52 yang dilengkapi nuklir jatuh di dekat Thule.

46) Pada 21 Juni 2009, Greenland merdeka dari Denmark, kecuali untuk urusan pertahanan, dan Greenland terus menerima hibah 3,2 miliar Kroner Denmark dalam bantuan ekonomi.

47) Greenlandic dinyatakan sebagai bahasa resmi negara. Greenland berasal dari bahasa Inuit lama.

48) Bahasa Denmark secara luas digunakan di Greenland sebagai bahasa kedua, dan beberapa orang (terutama administrator yang datang dari Denmark), hanya berbicara bahasa Denmark.

49) Sekitar 225 spesies ikan yang berbeda berenang di sekitar Greenland.

50) Greenland memiliki koloni besar burung yang tidak biasa seperti skuas, puffin, kittiwake, auk, dan angsa berkaki merah muda, belum lagi ptarmigan, burung hantu bertelinga pendek, dan gyrfalcon.


51) Banyak jenis paus berkumpul di sekitar Greenland. Mereka termasuk paus Beluga, paus bungkuk, paus minke dan narwhal

52)  Mamalia darat termasuk rusa kutub, rubah Arktik, kelinci Arktik, lemmings berkerah dan cerpelai

53) Nuuk adalah ibu kota Greenland.

54) Di musim panas matahari tidak pernah terbenam.

55) Di musim dingin, Anda dapat melihat efek fantastis dari cahaya Utara - Aurora Borealis.

56) Ikan merupakan 90% dari ekspor Greenland.

57) Ada banyak simpanan Ruby di bawah tanah Greenland dan diharapkan ini akan membayar peran signifikan dalam neraca pembayaran.

58) Greenland memiliki cadangan mineral berlimpah termasuk Tungsten, Titanium, Uranium, Nikel dan Aluminium.

59) Agama yang banyak dianut penduduk Greenland saat ini terutama Kristen Protestan.

60) Agama tradisional Inuit berpusat untuk memenuhi Dewi Laut yang dendam yang tidak memiliki jari. Pada peredaannya tergantung pada keberhasilan menangkap ikan dan berburu. Ada beberapa variasi mitologi yang mengelilinginya


61) Greenland memiliki sumber daya energi terbarukan yang sangat besar, dalam bentuk tenaga air.

62) Diet Greenland didasarkan terutama pada ikan dan mamalia laut seperti paus. Juga, pada burung yang diburu

63) Suaasat adalah hidangan nasional Greenland. Ini adalah sup yang terbuat dari anjing laut, rusa, paus atau burung laut dengan kentang dan bawang ditambah bumbu. Itu bisa ditebal dengan beras atau jelai direndam.

64) Capelin, ikan mirip Salmon sering dikeringkan. Makanan ini sangat populer di Greenland

65) Hati rusa dimakan mentah, langsung setelah hewan itu dibunu
.
66) Kopi di Greenland biasanya dicampur wiski, Grand Marnier, Kahlua dan whipped cream dan dinyalakan sebelum diminum

67) Pembuatan bir rumahan adalah kegiatan populer di Greenland

68) Negara ini memiliki insiden HIV / AIDS yang tinggi

69) Greenland, menurut sensus 2010, memiliki tingkat bunuh diri tertinggi di dunia

70) Greenland adalah rumah bagi Taman Nasional terbesar di dunia, yang luasnya lebih dari 375.000 mil persegi. Ini disebut Kalaallit Nunaanni nuna eqqissisimatitaq

------
DISADUR DARI :

HURTUGRUTEN : 20 FUN FACTS ABOUT GREENLAND
NATIONFACTS :  FASCINAING FACTS ABOUT GREENLAND
 
 Kredit Photo : PIXABAY.COM (CC 0 - PUBLIC DOMAIN PICTURES)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel