Vauxhall Wyvern : Si Cantik Dari Inggris - Museum Angkut #3

Cantik! Itu kesan pertama melihat foto hasil karya putra semata wayang, si kribo saat berkunjung ke Museum Angkut, Batu, Malang beberapa waktu yang lalu. Bukan apa-apa hasil potret saat dilakukan parade mobil tua yang memang selalu dilakukan museum itu memperlihatkan "kecantikan".

Bukan hanya karena dua orang gadis muda, dan memang cantik duduk di kap mesin sebuah mobil buatan beberapa puluh tahun yang lalu, tetapi karena mobil yang kapnya dijadikan tempat duduk itu juga memang cantik. Namanya Vauxhall Wyvern.

Bentuknya seperti foto di bawah ini.

Vauxhall Wynern : Si Cantik Dari Inggris

Jangan salfok (salah fokus) pada penumpangnya saja yah. Vauxhall Wyvern sendiri memang terlihat cantik dimasanya. Apalagi bagi negara Ratu Elizabeth pada masa Perang Dunia II. Kendaraan ini merupakan salah satu yang dihadirkan untuk membantu perekonomian negeri itu yang rusak akibat peperangan yang lumayan panjang dengan Jerman.

Wyvern merupakan kendaraan/mobil pertama yang diproduksi oleh sebuah produsen mobil asal Inggris, Vauxhall, setelah Perang Dunia II berakhir. Nama ini memang kurang akrab di telinga orang Indonesia, tetapi merupakan salah satu produsen mobil ternama di Inggris hingga saat ini.

Vauxhall sendiri kemudian diakuisisi Opel dan kemudian oleh General Motors, yang dikenal dengan produk Chevroletnya.

Vauxhall Wyvern sendiri mulai diproduksi pada tahun 1948 dan produksi berhenti pada tahun 1957. Selama itu paling tidak sejumlah 110 ribu mobil keluar dari pabriknya di Inggris dan juga di Australia.

Silindernya memiliki ukuran kurang lebih 1500 cc. Mobil penumpang ini memiliki beberapa versi, yaitu dua dan empat penumpang. Ada yang convertible (tanpa atap) juga.

Vauxhall Wynern : Si Cantik Dari Inggris

Nama Wyvern sendiri merupakan sebuah "binatang" mitos berbentuk naga berkaki, memiliki sayap, dan berbadan seperti ular.

Entah bagaimana kendaraan yang satu ini bisa ada di Indonesia. Meski tidak heran mengingat dulu banyak tentara Inggris yang masuk ke Indonesia pada masa tahun 1940-1950-an bersama dengan tentara sekutu. Mungkin kendaraan ini dibawa sebagai salah satu alat transportasi militer di masa itu.

Mungkin, untuk jelasnya, yuk lebih baik kita ke Museum Angkut saja. Pastinya disana ada lebih banyak penjelasan tentang Vauxhall Wyvern yang cantik dan berpenumpang cantik ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel