Mengikuti Care Label Bisa Membuat Baju Lebih Awet

Mengikuti Care Label Bisa Membuat Baju Lebih Awet

Pernahkah Anda menyadari ketika membeli sebuah baju atau celana dari toko ada secarik "kain" yang biasanya berkilat dan berisi simbol-simbol aneh terpasang di salah satu bagian. Ada yang dipasang di sisi bawah sebelah kiri/kanan, tetapi ada juga yang berada di kerah baju bagian dalam.

Tidak besar dan kerap kita abaikan, karena tidak mengerti makna dari simbol-simbolnya. Bahkan, tidak sedikit yang mengguntingnya karena dianggap mengganggu. Padahal, bagian yang ini sangat penting karena bisa membantu sebuah baju/pakaian menjadi lebih awer.

Bagian ini yang disebut dengan "Care Label" atau "Label Cara Merawat". Dan percayalah bagian ini penting karena mengikuti Care Label bisa membuat baju lebih awet.

Melekatkan care label pada pakaian yang dijualnya merupakan satu kewajiban dari produsen. Mereka harus memberikan petunjuk kepada pemakai bagaimana sebuah pakaian/baju harus dirawat agar bisa dimanfaatkan secara maksimal. Dengan begitu, pembeli akan mendapatkan nilai maksimum dari uang yang dikeluarkannya.

Isinya biasanya berupa simbol-simbol saja, tetapi ada juga yang memberikan keterangan berupa teks.

Biasanya ada 4-5 simbol, tetapi ada juga yang menambahkan hingga 6 atau 7 simbol. Semua tergantung pada jenisnya.

Mengapa Care Label penting?

Meski banyak yang mengabaikan, tetapi bila memang Anda ingin pakaian Anda awet dan tahan lama, sebaiknya Anda mengikuti apa yang disarankan oleh simbol-simbol di Care Label.

Semua itu karena produsenlah yang paling tahu karakter dari baju atau pakaian yang dibuatnya. Mereka juga tahu bagaimana seharusnya baju dari bahan tertentu harus diperlakukan agar performanya bisa terjaga.

Sebagai contoh, sebuah baju yang terbuat dari polyester tidak seharusnya disetrika dengan suhu yang tinggi. Hal itu bisa membuat polyesternya mengkerut.

Sebaliknya, baju yang terbuat dari bahan katun akan memerlukan suhu yang tinggi agar bisa menghilangkan kerutan/kusut di atasnya. Tanpa itu, maka sulit baju itu akan menjadi mulus lagi.

Keduanya tidak bisa ditukar karena bisa berakibat fatal.

Nah, semua data itu sudah dirangkum dalam simbol-simbol dalam Care Label tadi.

Mengikuti Care Label Bisa Membuat Baju Lebih Awet

Seperti contoh di atas, dimana ada simbol ember dengan tulisan 30 derajat. Hal ini menunjukkan bahwa sebaiknya baju/pakaian itu dicuci dengan air dingin/biasa saja.  Penggunaan air yang lebih panas dari yang ditentukan bisa membuat bahan baju mengkerut lebih banyak.

Disitu juga ada gambar segitiga yang disilang. Hal ini menandakan bahwa saat mencuci tidak diperkenankan memakai pemutih.

Inilah salah satu fungsi dari Care Label.

Setiap baju/pakaian sangat mungkin memiliki petunjuk perawatan yang berbeda. Dua contoh care label yang berbeda ada di tulisan ini.

Perbedaan itu akan tergantung dari jenis bahan yang dipergunakan, bagaimana jahitannya, warnanya, dan masih banyak lagi lainnya. Semua petunjuk ini disematkan supaya pembeli tidak menemukan bajunya menjadi pudar terlalu cepat atau mengkerut dan tidak enak dipakai akibat salah dalam mencuci dan menyetrikanya.

(Simbol-simbol di dalamnya juga mungkin berbeda. Sebuah baju/pakaian yang dibeli di Eropa akan memiliki simbol yang berbeda dengan yang di Asia atau Amerika. )

Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda mau meluangkan waktu sedikit melihat dan mencari bagian yang satu ini. Kecil ukurannya, tetapi besar manfaatnya agar baju atau celana Anda awet dan tahan lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel