12 Jenis Bisnis Online Nyaris Tanpa Modal Keuntungan Lumayan Besar

10 Jenis Bisnis Online Nyaris Tanpa Modal Yang Bisa Menghasilkan Untung Lumayan

Bisnis online memang sedang marak beberapa tahun belakangan ini di Indonesia. Bukan hanya dari jumlah pelaku dan omset yang terus meningkat, tetapi juga dalam jenis bisnis online yang dijalankan semakin banyak dn variatif, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit dan kompleks.

Banyak pakar memprediksi bahwa perkembangan ini masih akan terus berlangsung di masa datang mengingat bisnis via internet di Indonesia baru berada di tahap awal, meski sudah punya Unicorn dan Decacorn. Belum semua potensi dari pasar yang disediakan oleh lebih dari 113 juta pengguna internet tergali oleh para pelaku bisnis online di Indonesia.

Sebuah pasar yang menjanjikan untuk mereka yang ingin mencoba peruntungan dalam dunia bisnis. Apalagi, pasar bisnis online adalah pasar yang terbuka dan bisa digarap oleh semua orang, baik yang memiliki modal besar atau pun modal sangat kecil. Semua boleh mencoba peruntungannya.

Betul sekali, semua orang memang boleh terjun ke dalamnya. Memang, kalau melihat kasus Go-Jek, mungkin orang berpikir bahwa bisnis online akan selalu membutuhkan modal besar untuk menjalaninya, tetapi sebenarnya tidak. Sama dengan bisnis lain juga, besar kecilnya modal akan tergantung pada targat keuntungan dan juga sesuai kemampuan dari pelakunya.

Tidak ada batasan dalam hal ini.

Lagipula, memang internet dan beberapa fasilitas di dunia maya secara tidak sengaja juga melahirkan beberapa jenis bisnis online yang bisa dikata "NYARIS" tidak memerlukan modal. Kata "Nyaris" dipergunakan dan bukan berarti sama sekali tidak memerlukan modal karena pada dasarnya tidak ada bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal.

Kata nyaris menunjukkan bahwa modal yang dikelurkan bisa disebut sebagai sangat kecil (apalagi bila dibandingkan modal Go-Jek).

Dan, jangan salah, bisnis online modal kecil ini tidak berarti hanya akan menghasilkan keuntungan yang kecil juga. Namanya juga bisnis, maka besar kecilnya keuntungan itu tergantung pada bagaimana pelakunya bisa mengolahnya. Jika pebisnis onlinenya kreatif dan mau kerja keras, bukan tidak mungkin keuntungannya bisa cukup untuk membeli mobil mewah Mercedes Benz.

Tidak percaya? Percayalah karena hal itu sudah banyak terbukti baik di Indonesia atau di luar negeri.

Nah, jenis bisnis online apa yang bisa "nyaris" tanpa modal itu ? Silakan lihat di bawah ini.


12 Jenis Bisnis Online Nyaris Tanpa Modal Keuntungan Lumayan


10 Jenis Bisnis Online Nyaris Tanpa Modal Keuntungan Lumayan Besar


1) Jadi BLOGGER

Jangan tertawa dulu.

Percayalah. Anda pasti akan ternganga kalau mengetahui fakta-fakta yang ada di dunia blog, baik di dalam dan luar negeri. Bukan hanya sekedar isapan jempol saja, tetapi terbukti bahwa sudah banyak orang yang kaya karena menjadi blogger.

Mulai dari yang bertambah kaya  hanya 1 juta setiap bulannya sampai yang kekayaannya bertambah sampai 5 milyar per bulan. (OK lah yang bertambah hanya 1 juta disebut saja bukan bertambah kaya tetapi mendapatkan uang jajan saja).

Itulah faktanya bahwa ngeblog bisa membuat seseorang menjadi kaya. Coba saja cari di Google beberapa nama seperti Linda Ikeji-Nigeria, Pete Cashmore - Mashable, Darren Rowse-Probogger, atau di Indonesia Eka Lesmana, Duto Cahyono, dan masih banyak lagi lainnya.

Semua nama itu adalah mereka yang sudah membuktikan bahwa blog bisa membawa mereka pada kekayaan, sesuatu yang diimpikan mayoritas orang di dunia.

Modalnya? Yah, jangan tanya. Linda Ikeji, sampai 2-3 tahun yang lalu masih mengandalkan pada platform gratisan, yaitu Blogspot saja, tetapi sudah mendulang uang banyak.

Menjadi blogger dan mengelola blog memang tidak memerlukan modal yang banyak. Pilihannya begitu variatif, mulai dari yang TIDAK BERBAYAR alias gratis, sampai yang harus menyewa domain dan hosting sendiri (meski tetap tidak seberapa besar modalnya apalagi dibandingkan Go-Jek).

Blog UMUM SEKALI hanya membutuhkan modal 165 ribu setahun untuk menyewa domain karena hosting masih memakai Blogspot saja alias gratis. Biaya lainnya, hanya ongkos membayar internet saja yang memang sudah terpasang bahkan sebelum menjadi blogger.

Penghasilannya? Ada deh, tetapi yang pasti untung lumayan juga dan biaya sewa domain sudah jelas terbayar dari penghasilan blog campur aduk ini.

Untuk menjadikan blog sebagai unit bisnis, modal utama yang diperlukan adalah kreatifitas dan kemauan untuk bekerja keras, serta belajar tanpa henti. Modal materi tidak memegang peranan penting untuk bisa membuatnya sukses dan mulai memberi penghasilan.

2) Menjadi YOUTUBER

Kenal Ria Ricis kan? Pastinya dong. Tahu kan kenapa dia terkenal? Sudah tidak perlu dijelaskan lagi yah. Kalau belum puas dari dunia internasional ada PewDiePie.

Nama-nama ini adalah mereka yang berhasil meraup hingga jutaan dollar dengan menjadi Youtuber atau pengelola Youtube, media sharing video milik Google. Mereka berhasil mengelola channel mereka sedemikian rupa sehingga memiliki jutaan penggemar dan kemudian menghasilkan uang dari sponsor atau iklan.

Sebuah jenis bisnis online yang sangat bagus kan?

Apalagi semua itu bisa dimulai dengan langkah yang sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan ponsel saja. Smartphone jaman sekarang sudah bisa merekam video kan? Kemudian, mengeditnya pun bisa dilakukan di ponsel juga, atau kalau mau modal sedikit di komputer.

Lalu, pasang di Youtube, yang masih gratis sejauh ini sampai sekarang.

Semakin banyak dan semakin menarik konten video yang ditampilkan, semakin besar peluang penontonnya bejibun. Kalau sudah begitu, semakin besar peluang untuk menghasilkan uang dalam jumlah yang banyak.

Pada prinsipnya, youtuber mirip dengan blogger, hanya blogger lebih mengutamakan teks, sementara youtube dalam bentuk video. Keduanya memerlukan kreatifitas, skill, dibandingkan materi untuk mengembangkan blog/channel.

Modal awalnya sangat kecil, meski tentunya, sebagai pebisnis yang baik, bila sudah ada pemasukan dari blog/channel, sebaiknya ada yang diinvestasikan lagi untuk pengembangan.

Mau mencoba?

3) Jasa Penulisan Artikel

Pernahkah Anda menyadari bahwa semakin banyak website di dunia maya.  Bukan hanya para blogger saja, bahkan artis pun mulai ada yang terjun ke dunia media sebagai persiapan masa pensiun mereka, seperti Giring Nidji dengan Kincir(dot)com atau Christian Sugiono, suaminya Titi Kamal dengan Malesbanget(dot)com.

Ditambah dengan blogger Indonesia sendiri yang mencapai angka 3 juta.

Semua itu menghadirkan kebutuhan baru di dunia maya dan sekaligus menghadirkan tambang baru bagi yang bisa menulis untuk mendulang uang.

Setiap website/blog yang ingin berkembang dan maju butuh diupdate secara rutin dan dalam jumlah banyak. Updatenya, ya dengan artikel atau posting baru.

Sayangnya, terkadang, waktu kerap tidak mencukupi untuk seorang blogger bisa menulis banyak setiap harinya. Apalagi website media yang pasti butuh artikel dalam jumlah banyak untuk bisa terus eksis.

Oleh karena itu, tidak heran banyak timbul satu jenis bisnis online baru, yaitu jasa penulisan artikel, Target utamanya tentunya para blogger atau pengelola website yang sedang kewalahan dalam mengisi blog/website mereka.

Tarifnya akan tergantung pada pengalaman, kemampuan, dan skill yang dimiliki seorang penulis. Besar kecil pendapatan juga ditentukan oleh hal-hal yang tidak terkait dengan modal materi, tetapi lebih kepada skill individunya.

Modalnya sendiri rasanya tidak seberapa besar, selain internet, pasti butuh komputer untuk melakukan penulisan. Tentunya lumayan terjangkau karena pengguna jasa tulisan Anda tidak akan peduli komputer jenis apa yang dipergunakan, selama tulisannya bagus dan sesuai yang diminta. Mau komputer bekas dengan keyboard yang hurufnya sudah hampir copot atau hasil minjem juga tidak masalah.

Tidak perlu punya blog atau website sendiri karena sudah banyak marketplace untuk para penulis artikel, seperti Sribulancer. Jadi, tinggal perlu mencari pengguna jasa saja.

10 Jenis Bisnis Online Nyaris Tanpa Modal Keuntungan Lumayan Besar


4) Menjalankan Bisnis DROPSHIPER

Pernah dengar istilah ini? Kalau belum, intinya sih sama saja dengan menjadi makelar bagi barang yang dijual oleh orang lain (biasanya lewat internet juga).

Contohnya, misalkan si A punya toko Online dan menawarkan barang sepatu merk DDD dengan harga Rp. 100.000.- , kemudian si B melihat itu. Si B kemudian menawarkan ulang barang itu kepada si C dan si D, tentunya dengan harga yang lebih tinggi, yaitu Rp. 250.000.-

Setelah terjadi transaksi dengan si C atau D, si B akan meminta mereka melakukan pembayaran sesuai harga yang ditetapkan. Kemudian, si B akan membayar kepada si A untuk sepatu itu dan meminta ia mengirimkan ke si C dan D.

Nah, jenis bisnis online yang dilakukan si B ini disebut dropshiper. Ada yang menyebutnya reseller, meski terkadang berbeda karena reseller biasanya memiliki perjanjian resmi dengan penjual aslinya.

Modalnya hanya internet, gadget, komputer, saja. Sama saja yang diperlukan untuk browsing. Tambahan lain yang utama adalah keuletan mencari barang, pembeli yang tidak punya akses ke penjual. Modal tambahan sedikit berupa uang kerap diperlukan untuk membayar uang muka barang.

Penghasilan? Tergantung seberapa banyak Anda mau bekerja keras dan seberapa mahir Anda bisa meyakinkan pembeli saja.


5) Menyediakan Jasa Pembuatan Blog atau Website

Butuh komputer + Internet + Pengetahuan cara membuat blog dan website menggunakan beberapa platform.

Internt dan komputer adalah perlengkapan standar bagi siapapun yang hendak menggeluti bisnis di dunia maya, jadi merupakan modal awal yang harus dimiliki. Tidak mahal karena komputer jenis dan merk apapun dewasa ini sudah diperlengkapi dengan perangkat untuk mengakses internet. Baik seken atau baru selama bisa berfungsi dengan baik sudah cukup.

Komputer juga akan diperlukan untuk emngatur setting blog dan website, sekaligus alat berkomunikasi dengan calon pelanggan.

Yang berat dan agak "mahal" adalah skill tentang pembuatan website. Meskipun demikian bisa diakali dengan belajar secara otodidak.

Mungkinkah membuat website dilakukan dengan belajar secara otodidak? Jawabnya mungkin. Pengetahuan seperti itu mudah ditemukan di internet dan bisa dipelajari. Apalagi berbagai platform sekarang memang sudah sangat user friendly (ramah pengguna). Membuat website bahkan tidak perlu harus memulai dari dasar seperti programming dan coding.

Tampilan blog bisa menggunakan template siap pakai yang banyak dijual baik di dalam atau luar negeri.

Bukti bahwa semua itu bisa dipelajari tanpa harus mengikuti kursus pembuatan website yang mahal adalah semua blog yang berada di bawah naungan Lovely Bogor Netwrork merupakan hasil karya proses ini.

Dua platform yang digunakan untuk membangunnya adalah memakai Blogger (Blogspot) dan Wordpress (termasuk versi Self Hosted). Saya membangunnya sendiri dan dimulai dari belajar cara membuatnya dari berbagai tutorial yang ada di internet.

Makan waktu memang, tetapi setelah 2-3 bulan rasanya inti dasar pengetahuan tentang pembuatan website bisa didapat.

Kemudian, hanya tinggal mempromosikan layanan tersebut kepada calon pelanggan, bisa lewat media sosial atau blog buatan sendiri.

Lumayan harga jasanya, karena saya pernah mendapatkan tawaran untuk membuat sebuah website. Tarifnya berada di kisaran 1-5 juta untuk website sederhana atau blog, tergantung pada kemampuan untuk bernegosiasi.

Jadi, kalau memang sudah terbiasa ngeblog, jenis bisnis online yang satu ini bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan.

6) Jasa Pengisian Blog


Memang jasa ini terdengar lucu juga.

Seorang blogger seharusnya mengelola blognya dan mengisinya dengan artikel-artikel buatan sendiri, tetapi kenyataannya banyak yang tidak punya waktu cukup.untuk melakukan itu. Sementara, keinginan agar blog tetap update dan berkembang tetap ada. Apalagi blog yang tidak diupdate biasanya akan ditinggal pembaca.

Jadilah, lahir kebutuhan baru, yaitu mereka yang bisa menyediakan jasa untuk mengisi blog.

Dan, dengan jumlah blogger yang mulai berfokus pada menghasilkan uang, pasarnya terus berkembang. Banyak blogger yang membutuhkan jasa ini.

Bila Anda memang memiliki, atau setidaknya merasa yakin dengan kemampuan menulis, menyediakan jasa pengisian blog sangat memungkinkan untuk menjadikannya sebagai bisnis tersendiri yang menguntungkan.

Tidak butuh modal banyak, selain modal dasar berbisnis online, internet dan komputer, yaitu kemauan untuk bersosialisasi, mempromosikan diri, dan mencari peluang.

Banyak sudah blogger yang memanfaatkan kemampuannya untuk menulis bagi orang lain. Penghasilannya lumayan juga karena tidak ada tarif standar, tetapi merupakan hasil negosiasi dengan pengguna jasa.

Semakin banyak artikel yang dibuat, semakin besar pula penghasilannya.

Dan, saya pun pernah mendapatkan tawaran seperti ini untuk secara rutin mengisi sebuah blog, meski akhirnya saya tolak karena memilih untuk fokus mengembangkan blog milik sendiri.

7) Menjadi Agen/Makelar Online

Bagaimana menjual sebuah produk tetapi tanpa perlu keluar banyak biaya. Mungkin bisa dilakukan dengan menjadi agen.

Misalkan, seseorang hendak menjual rumah miliknya, Anda bisa membantu memasarkannya dengan secara online, terutama bila Anda memiliki sebuah website atau blog. Anda bisa mengarahkan agar negosiasi terkait penjualannya dilakukan melalui diri Anda.

Saat penjualan, yang perlu Anda lakukan adalah mengikat perjanjian dengan kedua belah pihak terkait komisi jika transaksi terjadi. Besarannya berdasarkan negosiasi saja.

Meski tidak banyak, tetapi sekali mendapatkan penjualan, hasilnya lumayan besar. Pastinya cukup untuk membayar biaya sewa domain/hosting dan berbagai ongkos lain.

Modalnya, selain yang standar, butuh kemampuan membujuk dan mempromosikan, selain tentunya jaringan perkenalan dan pertemanan.

Sistem agensi seperti ini bisa dilakukan untuk berbagai jenis barang, misalkan juga Anda memabntu mempromosikan penjualan sepatu dan sebagainya.

8) Membuat dan Menjual e-Book


Pengetahuan itu mahal. Buktinya banyak orang rela mengeluarkan uang berapapun untuk mendapatkan yang satu ini. Sekolah mahal tetap dipenuhi orang yang mengejar pengetahuan. Toko buku tetap laris karena orang merasa perlu membeli pengetahuan yang ada di dalam buku itu.

Dan, bila Anda mempunyai satu skill atau kemampuan apapun, Anda bisa membuat buku Anda sendiri. Tidak perlu melalui penerbit, tidak perlu melalui tim editor. Semua bisa dilakukan sendiri.

Penjualannya bisa dilakukan dalam bentuk e-book atau buku elektronik.

Tren untuk membaca buku digital seperti ini sudah mulai mewabah di Indonesia. Banyak orang yang merasa membaca lewat e-book lebih praktis dan murah dibandingkan dengan harus membeli bukunya. Sudah sulit dibawa, juga harganya lumayan mahal.

Lalu, jika Anda memang mampu dan memiliki kapasitas pengetahuan yang bisa dijual, jual saja dalam bentuk e-book.

Bila berhasil, maka hasilnya akan lumayan besar, selain tentunya Anda bisa menjadi terkenal juga.

9) Membuka Kursus Online

Anda tahu bahwa banyak kursus merasa terancam dan mulai was-was dengan perkembangan dunia digital dan internet?

Mereka khawatir karena semakin banyak orang yang menawarkan kursus secara daring (online). Banyak orang atau kelompok membuat website dan kemudian mengisinya dengan konten berupa teks atau video tentang berbagai hal. Mereka menyediakan kursus online.

Tentunya, siapapun yang ingin bisa mengaksesnya perlu membayar fee masuk, tidak beda dengan kursus offline, alias di darat.

Pelajaran bisa disampaikan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan Whatsapp, berupa buku totorial, atau bahkan menggunakan messenger seperti Skype.

Peserta kursus tidak bedanya seperti berada di dalam kelas, meski jaraknya sebenarnya berjauhan.

Jenis bisnis online yang satu ini juga ada yang menggunakan media Facebook. Iwan Stef Zahar, salah satu penulis buku tentang fotografi mengadakan semacam kelas fotografi lewat Facebook dan Whatsapp. Ternyata peminatnya lumayan banyak.

Jadi, peluang inipun bisa dimanfaatkan.

Modalnya, tidak banyak, selain perlengkapan standar, butuh pengetahuan yang bisa dijual dan kemauan untuk melakukan promosi dan pendekatan kepada banyak orang.

10 Jenis Bisnis Online Nyaris Tanpa Modal Keuntungan Lumayan Besar


10) Menyediakan Jasa Desain Grafis

Setiap bisnis, baik offilen atau online akan membutuhkan berbagai hal yang berkaitan dengan desain grafis, seperti logo, kop surat, dan template surat.

Sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan, jika Anda memiliki kemampuan untuk mendesain sesuatu.

Bahkan, website atau blog sekalipun memerlukan yang namanya logo, favicon, padahal tidak semua orang bisa mendesainnya.

Kalaupun tidak mau menunggu, banyak website yang menjadi marketplace bagi produk-produk desain grafis dimana setiap desainer bisa memajang hasil karyanya dan menunggu pembeli datang.

11) Menjual Foto Secara Online

Jenis bisnis online yang satu ini butuh satu skill tambahan, yaitu fotografi yang baik.

Jika memang Anda memiliki kemampuan itu, maka Anda bisa memasarkan hasil foto Anda di internet dengan sangat mudah. Banyak website yang menjadi marketplace untuk para fotografer memperlihatkan hasil karyanya dan mendulang uang dari sana, seperti Shutterstock untuk kelas bawah dan Getty Images untuk kelas atas.

Harganya lumayan, karena sebuah foto berlisensi bisa dijual seharga 3-5 dollar di kelas bawah. Jangan tanya berapa harga foto di Getty Images. Kalau bisa mencapai yang satu ini, pastinya bisa menjadi kaya.

Modalnya agak lebih mahal karena harus menyediakan kamera yang mumpuni untuk bisa menghasilkan foto yang bagus dan menarik, tetapi pastinya akan terbayar lunas jika bisnis online yang satu ini berjalan baik.

12)  Membuat dan Menjual Template Blog/Website

Pernah mendengar nama Arlina, Sugeng, atau Adhy Suryadi. Mereka orang Indonesia loh! Juga blogger. Tetapi, mereka lebih dikenal sebagai pembuat template.

Mereka membuat template untuk blog atau website berbasis Blogspot, bukan Wordpress. Harga jual produknya bervariasi antara 50-150 ribu. Murah yah.

Memang, tetapi ada lebih dari 3 juta blogger di Indonesia dan sebagian besar mereka mengandalkan tampilan blognya pada template yang dibelinya dari nama-nama itu tadi.

Blog Umum Sekali menggunakan template Viomagz karya Mas Sugeng.

Meski kelihatannya murah, tetapi bila 1000 kali terjual saja sudah bisa mendapatkan uang 50-150 juta. Menggiurkan kan.

Nah, yang ini meski modalnya sama, yaitu internet+komputer+ promosi/networking, juga butuh kemampuan coding. Yang terakhir itu mutlak karena pembuatan template harus dilakukan dengan menyusun baris demi baris kode programming.

Tetapi, secara modal, memang kecil.

Tertarik?

-----

Nah, itulah paling tidak 12 jenis bisnis online yang butuh modal tidak besar, tetapi bisa menghasilkan untung yang lumayan.

Sebenarnya, masih banyak macam bisnis online lain yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan internet. Terkadang, hal itu tidak terbayang sebelumnya, seperti contoh Go Jek yang juga memasarkan jasa pijit via aplikasi. Banyak hal yang bisa menjadi sumber menghasilkan uang bagi siapapun yang berminat.

Prinsipnya butuh kreatifitas untuk mengembangkan ide, pengetahuan tentang dunia internet, kemauan untuk bekerja keras, komunikasi.

Dalam bisnis online, yang diperlukan bukanlah modal materi atau fisik, seperti komputer yang canggih atau internet cepat, tetapi lebih kepada skill apa yang bisa dijual, dimanfaatkan oleh orang lain. Skill-skill itulah yang kemudian bisa dipasarkan lewat dunia maya.

Jadi, bila Anda merasa punya skill yang bisa ditukar dengan uang, lakukan saja segera. Peluang itu ada menanti Anda untuk mengeksekusinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel