4 Januari - Hari Braille Dunia

4 Januari - Hari Braille Dunia

Tahukah Anda bahwa 4 Januari 2019 yang lalu, masyarakat Internasional untuk pertama kalinya merayakan Hari Braille Dunia? Yap, memang tahun 2019 untuk pertama kalinya hal ini dilakukan.

Tentunya Anda pasti tahu bahwa Braille adalah huruf-huruf "timbul" yang dipergunakan oleh mereka yang buta. Dengan menggunakan huruf ini, seorang yang cacat penglihatannya tetap dapat membaca buku atau koran lainnya.

Hari Braille Dunia dimaksudkan untuk semakin menggalakkan penggunaan huruf Braille sebagai pendamping huruf-huruf yang sudah dipakai selama ini. Tujuannya agar mempermudah mereka yang kurang beruntung.

Selama ini masih banyak kesulitan yang dialami kaum tunanetra untuk bisa berdiri sendiri. Mereka kerap kesulitan untuk membaca menu di restoran atau membaca buku dan koran. Mereka menjadi kurang mampu berdiri sendiri dan harus bergantung kepada orang lain. Masalah ini pun kerap menjadi hambatan bagi komunikasi dengan orang lain.

Untuk itulah Perserikatan Bangsa-Bangsa memutuskan tanggal 4 Januari sebagai Hari Braille Dunia. Dengan begitu diharapkan, kesadaran dan semakin memasyarakatkan huruf Braille ke seluruh penjuru dunia.

Tanggal 4 Januari dipilih karena tanggal tersebut merupakan tanggal kelahiran Louis Braille, si penemu huruf tersebut yang lahir pada 4 Januari 1809 di Coupvray, Perancis.

4 Januari - Hari Braille Dunia
Louis Braille

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel