Beda Fitur PHOTO Dan PORTRAIT Pada Kamera Smartphone OPPO A3s

Pada kamera OPPO A3s yang saya pergunakan, kameranya memiliki dua fitur yang terlihat mirip, yaitu fitur PHOTO dan PORTRAIT. Rasanya, beberapa jenis smartphone yang kelasnya sama juga memiliki dua fitur yang sama untuk kameranya, terutama yang berada di kisaran harga menengah ke bawah. Kamera yang lebih mahal biasanya opsi yang tersedia lebih banyak dan lebih detail lagi, seperti pada ASUS Padfone atau T00N yang dulu saya miliki.

Nah, bagi banyak orang, kedua fitur itu sulit dibedakan. Bagi mereka PHOTO - foto dan PORTRAIT = potret/foto juga. Lalu apa beda keduanya? 



Memang sulit dimengerti. Tetapi, logikanya kalau sama, kenapa harus dijadikan "dua" hal yang berbeda.

Jawabnya karena memang fungsi keduanya berbeda.

Yang pertama, fitur PHOTO ditujukan untuk pemotretan secara standar dimana seluruh bagian yang terekam dalam foto menjadi jelas dan tajam. Biasanya dipergunakan untuk memotret pemandangan atau benda-benda umum.

Beda Fitur PHOTO Fan PORTRAIT Pada Kamera Smartphone OPPO A3s
Hasil fitur PHOTO pada kamera OPPO A3s


Sedangkan fitur PORTRAIT biasanya dipergunakan untuk membuat foto bersifat portrait. Biasanya foto jenis ini akan memilik latar belakang blur (kabur) sehingga akan menonjolkan obyek utamanya. Biasa dipergunakan untuk memotret wajah atau benda-benda kecil dan menambah nilai artistik pada fotonya.

Contoh fotonya ada di bawah ini.

Beda Fitur PHOTO Fan PORTRAIT Pada Kamera Smartphone OPPO A3s
Hasil Fitur PORTRAIT
Bisa lihat bedanya? Perhatikan bagian latar belakang dimana terlihat "tidak jelas" (kabur/blur).

Memang termasuk sederhana jika dibandingkan dengan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) tetapi mirip dengan teknik bokeh pada fotografi.

Jadi, kalau Anda mau seluruh bagian foto terlihat tajam dan jelas, pakai fitur PHOTO sedangkan kalau mau latar belakangnya blur, pakai fitur PORTRAIT.

Keduanya berbeda.

Catatan : Kedua foto di atas diambil dalam jarak yang sama dan hanya berbeda mode saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel