Berhenti Belajar Membuat Seseorang Menjadi Tua - Kutipan Henry Ford

Berhenti Belajar Membuat Seseorang Menjadi Tua - Kutipan Henry Ford

Apa batasan yang menentukan seseorang sudah menjadi TUA atau belum? Umur? Yap, pastinya kebanyakan orang akan menggunakan faktor umur sebagai penentu seseorang dianggap masih muda atau tua. Meskipun demikian, ada juga yang memiliki pandangan lain tentang kata TUA. Salah satunya adalah Henry Ford, pendiri dari salah satu produsen mobil terkemuka di Amerika Serikat dan dunia.

Bukan umur yang membuat orang menjadi tua, tetapi apakah seseorang berhenti belajar atau tidak. Seorang yang berhenti belajar, berapapun usianya dianggapnya sebagai sudah tua.

Hal itu tercemin dalam kutipannya, seperti tersebut di bawah ini :

Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing in life is to keep your mind young.
Terjemahan :

Siapapun yang berhenti belajar adalah TUA, baik dia berusia 20 atau 80 tahun. Siapapun yang tetap belajar akan selalu muda. Hal terpenting dalam hidup adalah menjaga pikiran tetap muda.
Pandangan ini sama dengan banyak yang dikatakan orang bahwa tua atau muda akan tergantung hati/jiwa/spirit. Bukan umur.

Bila dilihat dari segi filosofis sedikit, ada benarnya bahwa "siapapun yang berhenti belajar berarti dia menjadi tua".

Kodrat dari manusia adalah untuk terus belajar. Bukan berarti harus bersekolah terus, tetapi umat manusia memang diberi naluri untuk terus mencari hal-hal baru. Bisa dikata ketika semangat dan naluri untuk hal ini padam, ia otomatis perlahan tetapi pasti seperti mematikan diri sendiri.

Seseorang yang terus mencari sesuatu yang baru akan merasa terus tertantang dan bersemangat dalam hidupnya. Ia akan terus berjuang dan terus menggali apapun. Semangatnya akan menutupi kelemahan yang diberikan fisiknya yang menua.

Belum lagi ditambah dengan perkembangan zaman yang pesat dewasa ini. Banyak hal baru yang hadir. Seseorang yang tidak mau belajar untuk menyesuaikan diri, pada akhirnya akan menjadi seseorang yang kudet dan tertinggal dibandingkan yang lain, yang mau belajar. Situasinya pada akhirnya mirip dengan seorang tua yang selalu tertinggal dibandingkan mereka yang "muda".

Seorang yang berumur sudah 60-an tetapi terus belajar dan update dengan situasi zaman akan bisa mengimbangi manusia lainnya.

Dan, rasanya itulah makna yang ingin disampaikan oleh Henry Ford. Jangan berhenti belajar kalau tidak mau menjadi tua, begitulah kata Henry Ford.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel