Blog = Media Berbagi Informasi Rakyat Jelata (Dan Menghasilkan Uang, Kalau Memang Mau)

Blog = Media Berbagi Informasi Rakyat Jelata

Bersyukurlah Anda hidup di zaman internet. Berbagi informasi pada masa sekarang, sangatlah mudah dan cepat. Cukup dengan membuka smartphone Anda, kemudian mengetikkan apa yang hendak diketahui via mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, maka informasi itu bisa segara didapat.

Dan, gratis lagi.

Semua itu salah satunya disebabkan dengan kehadiran blog, website, dan media sosial. Melalui medium ini semua orang bisa berbagi informasi dan pengetahuan apapun. Baik hal yang bagus atau jelek.

Bandingkan dengan beberapa puluh tahun lalu, ketika internet belum lahir. Bagaimana cara rakyat berbagi informasi kepada yang lainnya? Jawabnya hampir tidak mungkin, selain dari mulut ke mulut.

Informasi tidak dibagikan dari rakyat untuk rakyat. Biasanya disampaikan melalui "media" yang mendapatkan izin dari yang berwenang, seperti TV, koran, dan majalah. Tanpa adanya izin, maka tidak mungkin seseorang bisa membagikan pengetahuan atau informasi yang dimilikinya secara cepat dan biaya yang murah.

Tidak murah karena untuk mendapatkan informasi tersebut seseorang harus membayar. Berbeda sekali dengan zaman Millennial sekarang dimana semua hampir tersedia secara cuma-cuma.

Belum lagi jenis informasinya dibatasi dan dipilih oleh organisasi yang diberi izin tadi. Mana ada informasi seperti "Cara Menuju Kampus Universitas Indonesia Dari Bekasi Dengan Commuter Line". Informasi seperti ini tidak memiliki nilai jual dan hampir pasti tidak akan dipilih dan sampai ke meja redaksi sebuah koran.

Semua disaring.

Tetapi, tidak di zaman sekarang. Berbagi informasi adalah sebuah hal yang umum dan bisa dilakukan siapa saja, bahkan oleh rakyat jelata sekalipun. Caranya pun mudah dan murah karena banyak platform yang disediakan gratis untuk itu.

Salah satunya adalah blog.

Blog adalah salah satu media berbagi informasi dan pengetahuan yang sangat populer dan banyak digunakan. Mudah sekali membuat blog.dan hampir tanpa mengeluarkan biaya, selain ongkos beli kopi.

Sejak kelahirannya di tahun 1990-an, blog menjadi media yang banyak dipakai orang untuk berbagi informasi atau pengetahuan yang dimilikinya. Mulai dari hal-hal kecil, seperti cara melakukan sesuatu, atau pengalaman berwisata ke sebuah lokasi wisata, semua bisa dibagikan dalam bentuk tulisan.

Pelakunya bisa siapa saja. Memiliki blog tidak perlu memiliki izin penerbitan media. Contohnya, blog Umum Sekali tidak memerlukan izin. Siapapun bisa berbagi informasi dan pengetahuan dalam bentuk apapun kepada orang lain dengan bebas.

Jenis informasinya pun tidak dibatasi. Jika dulu hal-hal kecil, seperti cara memasak ikan goreng sambal matah tidak akan pernah masuk kategori layak baca, sekarang hal itu bisa dibagikan dengan bebas. Tidak perlu lewat meja redaksi atau diedit oleh atasan.

Masyarakat bisa dikata memiliki medianya sendiri mem-bypass jalur yang dulu dipakai, yaitu harus lewat organisasi tertentu, seperti usaha penerbitan. Semua bisa menyebarkan informasi tanpa halangan.

Yang diperlukan adalah kemauan dan niat untuk membagikan pengetahuan dan informasi yang kita punya kepada orang lain.

Sesuatu yang tidak terbayangkan bisa dilakukan ketika hidup di tahun 1980-an.

Nah, kalau Anda memang memiliki niat berbagi informasi atau pengetahuan apapun, ada baiknya Anda memanfaatkan blog sebagai medianya. Tidak perlu harus selalu informasi yang ngetren atau keren, terkadang hal-hal kecil yang menurut kita tidak berharga sekalipun ternyata bisa bermanfaat bagi orang lain.

Itulah mengapa saya membuat blog Umum Sekali yang isinya berupa hal-hal kecil yang saya tahu dan anggap menarik untuk dibagikan kepada orang lain. Apakah memang begitu menurut Anda? Jawabnnya tergantung pada diri Anda sendiri, tetapi berdasarkan pengalaman sebagai blogger selama hampir 5 tahun, selalu ada orang yang bisa memakai informasi yang dibagikan ini.

Apalagi, blog pun bisa juga digunakan untuk mendapatkan penghasilan. Setelah beberapa tahun menjadi blogger, ternyata sudah lumayan juga rupiah yang mengalir ke rekening. Dan, sampai hari ini pun, saya masih menikmati mendapatkan uang tambahan dari iklan Google Adsense.

Nah, maukah Anda mencoba berbagi informasi sambil mencoba meraup rupiah?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel