Cara Melakukan Screenshot Atau Cuplikan Layar Pada OPPO A3s

Melakukan screenshot atau cuplikan layar adalah sebuah hal yang umum dilakukan di zaman sekarang. Memperlihatkan apa yang ada di layar gadget yang ada di tangan terkadang lebih sederhana dan tidak makan waktu dibandingkan harus mengetik ulang atau mem-forwardnya.

Sayangnya, tidak ada standarisasi tentang cara melakukan screenshot . Setiap produsen gadget kerap memiliki cara yang berbeda. Dan hal ini kerap memusingkan pengguna. Untuk itulah lahir banyak aplikasi, terutama yang berbasis Android besutan Google lahir untuk mempermudah pengguna melakukan screenshot tanpa melihat merk dan jenis gadget di tangannya.

Tetapi, bila Anda pengguna smartphone OPPO A3s, untuk melakukan tangkapan layar ini sebenarnya sangat sederhana. Hanya butuh menekan dua tombol saja, dan tidak perlu menginstal aplikasi apapun.

Caranya seperti di bawah ini.


  1. Tekan tombol "POWER" di sebelah kanan dan tombol "KECILKAN VOLUME" di sebelah kiri
  2. Tahan selama 1-2 detik
  3. Tunggu tampilan layar berubah 
  4. Selesai


Hasil screenshot bisa dilihat dengan cara di bawah ini.


  1. Cari aplikasi "PHOTOS" dan kemudian klik
  2. Akan tampil di layar smartphone sebuah layar dengan default folder "PHOTOS"
  3. Lihat di bagian kiri bawah dimana tertulis "ALBUM". Klik !
  4. Akan keluar beberapa folder , termasuk diantaranya ada folder bernama SCREENSHOTS. Nah disinilah hasil screenshot OPPO A3s disimpan
  5. Silakan klik folder ini dan cari image hasil screenshot tadi



Mudah kan?

Kalau untuk gadget android yang lain, ada baiknya baca buku petunjuk (manual book) atau bisa juga mencari via Google karena sudah pasti akan banyak blogger yang berbagi pengetahuan seperti itu. Saya hanya bisa membagi terkait OPPO A3 saja karena itu adalah smartphone yang saya pergunakan saat ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel