Cara Menonaktifkan Start Up Program Supaya Tidak Loading Saat Komputer Dinyalakan [WINDOWS]

Cara Menonaktifkan Start Up Program Supaya Tidak Loading Saat Komputer Dinyalakan [WINDOWS]

Setiap kali sebuah komputer dengan sistem operasi Windows dinyalakan, secara otomatis dan tidak terlihat oleh pengguna, akan ada sejumlah program (software) yang akan dijalankan. Biasanya program-program ini berkaitan dengan kebutuhan minimum untuk mengoperasikan komputer itu.

Meskipun demikian, banyak software yang pada saat diinstalasi akan secara otomatis memasukkan kode yang membuatnya akan menjadi program pertama yang dijalankan, secara otomatis, ketika komputer dihidupkan.

Masalahnya, semakin banyak software seperti ini, hasilnya akan terasa oleh pengguna. Komputer terasa lamban sekali saat dihidupkan. Hal ini disebabkan komputer harus memanggil dan menjalankan software-software yang terdapat dalam daftar start-up nya dulu. Setelah semua dijalankan barulah komputer berada dalam kondisi siap sedia.

Semakin banyak software yang ada dalam daftar, maka semakin terasa lamban sebuah komputer.

Hal ini bisa menjadi sangat menjengkelkan ketika kita sedang terburu-buru untuk menggunakan komputer tersebut.

Nah, pemecahan hal seperti ini sederhana saja, yaitu dengan membuang software-software yang seenaknya mendaftarkan diri pada start-up. Dengan begitu komputer tidak lagi memandangnya penting dan harus diprioritaskan untuk di-loading saat komputer dinyalakan.

Caranya, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik simbol Windows di pojok bawah
2. Akan keluar kolom "RUN"
3. Ketikkan "msconfig" dan ENTER (instruksi menampilkan Windows System Configuration - Konfigurasi sistem Windows)

Lihat di bawah ini (WINDOWS 7)


4. Akan tampil layar "SYSTEM CONFIGURATION" seperti di bawah ini

Cara Menonaktifkan Start Up Program Supaya Tidak Loading Saat Komputer Dinyalakan [WINDOWS]

5. KLIK Tab Startup, maka layar yang akan tampil seperti di bawah ini. Daftar program-program yang akan diloading saat Windows pertama kali dinyalakan


6. Hilangkan tanda "CHECK LIST" dari program yang Anda tidak inginkan untuk diloading saat komputer pertama kali dinyalakan (tetapi bisa dijalankan nanti terpisah)

7. HATI-HATI !Jangan semuanya dihilangkan karena ada beberapa program yang memang dibutuhkan Windows untuk bisa bekerja dengan baik. Pilih yang memang tidak dibutuhkan, seperti di atas saya menghilangkan Google Drive karena memang tidak perlu banget. Kemudian, program Any Desk. Jadi, pelajari dulu dan ketahui mana program yang harus dihilangkan dari list

8. Setelah selesai, tekan "APPLY" dan "OK"

9. Akan hadir permintaan RESTART seperti di bawah

Cara Menonaktifkan Start Up Program Supaya Tidak Loading Saat Komputer Dinyalakan [WINDOWS]

10. Tekan RESTART dan komputer akan melakukan rebooting

Anda akan melihat bedanya karena setelah yang di atas dilakukan, Windows akan tampil lebih cepat dari sebelumnya. Hal ini terjadi karena program-program yang tidak perlu tidak secara otomatis dijalankan oleh komputer saat dimulai.

Jika suatu waktu memang butuh, program itu bisa dijalankan terpisah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel