Cara Menuju Kampus Universitas Indonesia Dari Bekasi Dengan Commuter Line

Cara Menuju Kampus Universitas Indonesia Dari Bekasi Dengan Commuter Line

Kampus Universitas Indonesia, sebuah nama yang mejadi impian ribuan, bahkan puluhan ribu orang setiap tahunnya. Setiap tahun banyak sekali orang, terutama lulusan Indonesia berjuang untuk menuju Kampus Universitas Indonesia, baik secara fisik ataupun juga kiasan.

Secara kiasan, hal itu bisa diartikan sebagai banyak orang bermimpi ingin menjadi bagian kehidupan di kampus salah satu universitas terkemuka di Indonesia dan Asia ini. Mereka ingin menimba ilmu di kampus Jaket Kuning ini. Berlomba-lomba lulusan SMA bersaing dengan sesama agar bisa merasakan mengenakan "the Yellow Jacket".

Dan, untuk yang satu ini, caranya hanya bisa dilakukan dengan belajar yang keras agar bisa lulus ujian seleksi masuk.

Untuk yang satu lagi, yaitu untuk menuju Kampus Universitas Indonesia secara fisik, sebenarnya banyak cara. Bisa menggunakan bus atau mobil pribadi atau sepeda motor. Meskipun demikian, rasanya ada satu lagi jenis angkutan umum yang lebih efektif dan efisian, yaitu dengan menggunakan Commuter Line atau si KRL Jabodetabek.

Dengan transportasi massal ini, bukan hanya kita bisa sampai dengan ongkos yang murah, tetapi juga bisa terhindar dari kemacetan yang rutin menyambangi wilayah sekitar kampus UI ini setiap harinya.

Caranya tinggal ikuti saja langkah-langkah di bawah ini. Kali ini bagi rekan-rekan yang tinggal di wilayah Bekasi dan sekitarnya. Untuk yang berasal dari kota dan wilayah lain akan disusulkan.

Cara Menuju Kampus Universitas Indonesia Dari Bekasi Dengan Commuter Line


1. Dua stasiun Kampus UI

Kampus Universitas Indonesia bisa diakses dari dua stasiun yang lokasinya berdekatan, yaitu Stasiun Universitas Indonesia dan Pondok Cina.

Yang pertama biasanya dipergunakan bagi mereka yang hendak pergi ke Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dengan berhenti di stasiun ini, fakultas-fakultas itu bisa diakses dengan berjalan kaki saja, kalau mau. Kalau tidak ada bus UI yang bisa digunakan.

Stasiun Kedua adalah stasiun Pondok Cina. Dari stasiun ini lebih mudah untuk menuju Gedung Rektorat UI, Fakultas MIPA, tetapi juga tidak sulit menuju ke Fakultas Hukum.

Yang manapun keduanya bisa dipergunakan untuk menuju ke Kampus Universitas Indonesia.

Jadi, silakan pilih dulu hendak kemana Anda pergi.

2. Dua opsi trayek Commuter Line yang bisa digunakan

Untuk pergi ke Kampus UI dari Bekasi dengan Commuter Line ada dua opsi yang bisa dipergunakan. Hasilnya kurang lebih sama, hanya berbeda dalam hal stasiun transit yang dipergunakan dan lama waktu tempuhnya.

Opsi I : Bekasi - Jatinegara - UI

Untuk opsi ini, stasiun transitnya dimana harus berganti kereta adalah stasiun JATINEGARA. Penjelasannya :


  • Naik Commuter Line jurusan Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota
  • Turun di stasiun Jatinegara
  • Lanjut dengan CL trayek Jatinegara - Bogor yang akan melewati UI
  • Turun di stasiun UI atau Pondok Cina
Opsi II : Bekasi - Manggarai - UI

Pilihan yang satu ini hampir mirip. Bedanya ada pada stasiun transitnya, yaitu stasiun Manggarai. Penjelasannya :


  • Naik CL jurusan Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota
  • Turun di stasiun Manggarai
  • Lanjut dengan CL trayek Jatinegara - Bogor/Depok atau Jakarta Kota - Bogor/Depok. Keduanya akan melewati stasiun UI
  • Turun di stasiun UI atau Pondok Cina
Kedua pilihan sama saja. Bedanya, waktu tempuh opsi II biasanya lebih pendek. Opsi I mengharuskan Anda berputar Jakarta dulu melewati banyak stasiun seperti Kemayoran, Rajawali, Kampung Bandan, dan seterusnya. Waktu tempuhnya akan lebih lama.

Jadi, kalau saya boleh menyarankan, pergunakan yang opsi I. Kecuali Anda ingin berjalan-jalan dulu dan punya banyak waktu.

Bagi Anda yang baru pertama kali naik CL, jangan khawatir. Mudah kok. Silakan ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.


Langkah-langkah dari stasiun keberangkatan sampai stasiun akhir

 Bagi yang belum pernah memanfaatkan jasa si CL, bisa ikuti yang berikut ini.

 A) Di Stasiun Keberangkatan (BEKASI)


Beli Tiket :
  • Nama tiket yang harus dibeli adalah THB (Tiket Harian Berjaminan) karena selain ongkos perjalanan didalamnya terdapat uang jaminan sebesar Rp 10 ribu yang bisa di-refund atau diminta ulang
  • Bisa membeli di loket atau di automatic vendor machine atau mesin tiket otomatis
  • Bisa juga menggunakan kartu e-money, seperti Flazz, e-Mandiri, Brizzi, atau Indomaret Card, tetapi harus diaktifkan dulu supaya bisa berfungsi. Tempelkan saja di alat pengecek saldo yang ada di dekat loket untuk mengaktifkannya
  • Beli tiket ke stasiun akhir, stasiun UNIVERSITAS INDONESIA atau PONDOK CINA dan bukan ke stasiun transit. Dengan begitu Anda tidak perlu mengisi saldo lagi dan hanya perlu berganti kereta. Perhatikan dan pastikan stasiun akhir yang disebutkan ke petugas loket

Masuk STASIUN / PERON :

Setelah tiket ada di tangan, langsung saja menuju peron .
  • Pergi ke pintu elektronik
  • Tempelkan THB ke bagian yang bertuliskan "TEMPEL DISINI"
  • Setelah lampu berubah HIJAU, dorong batang besi ke depan untuk masuk
  • Di stasiun BEKASI ada beberapa jalur. Untuk menemukan CL trayek ke JAKARTA KOTA, perhatikan pengumuman dari announcer di stasiun yang rajin memberitahukan hal ini lewat pengeras suara, atau kalau masih ragu tanyalah kepada petugas terdekat dimana CL trayek ini berada
  • Setelah tahu peronnya dan keretanya sudah ada, naik saja. Kalau Anda merasa diri sudah lansia, hamil, membawa balita, atau cacat, bisa langsung menuju ke kursi prioritas. Kalau tidak, sebaiknya biarkan kursi ini kosong karena biasanya di perjalanan akan ada yang membutuhkan
  • Silakan nikmati perjalanan karena dari BEKASI ke stasiun JATINEGARA atau MANGGARAI biasanya makan waktu sekitar 30 menit. Pastikan untuk mengisi waktu jangan dilakukan dengan makan kuaci atau yang lain karena makan dan minum dilarang di atas Commuter Line

B) Di Stasiun Transit (MANGGARAI/JATINEGARA) :


Tidak ada yang perlu dilakukan kecuali mencari tahu dimana peron untuk menunggu CL yang menuju ke DEPOK/BOGOR (tergantung rute yang dipakai dan bisa dilihat pada rute yang diberikan di atas).

Sama seperti sudah dijelaskan di atas, tanya kepada petugas terdekat atau dengarkan pengumuman yang dikumandangkan lewat pengeras suara.

Setelah tahu posisinya, langsung naik saja. Perjalanan akan makan waktu sekitar 30-40 menit saja. Jangan sampai tertidur.


C) Di Stasiun Akhir (UNIVERSITAS INDONESIA atau PONDOK CINA) :
  • Sebelum turun pastikan barang bawaan dan tiket Anda ada di tangan
  • Setelah turun kereta, langsung saja menuju ke gerbang elektronik untuk keluar
  • Caranya : tempelkan tiket ke gerbang di bagian bertuliskan "TEMPEL DISINI" dan dorong batang besi ke depan
  • Anda sudah keluar
  • Tetapi, jangan lupa untuk mengambil kembali uang jaminan. Lumayan 10 ribu. Caranya, pergilah ke loket dan serahkan tiket kepada petugas, mereka akan menyerahkan uang kepada Anda
SELESAI.

Nah, seperti itulah penjelasan cara menuju kampus Universitas Indonesia dari Bekasi dengan Commuter Line. Secara fisik tentunya. Kalau arti kiasannya, teruslah belajar yang giat agar bisa lulus tes seleksi masuknya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel