Cara UNINSTALL Aplikasi Tidak Terpakai di OPPO A3s (Android 8.0.1 OREO)

Untuk apa kita harus UNINSTALL aplikasi di Android? Bukankah dengan kapasitas gadget di masa sekarang dengan RAM (Random Access Memory) yang semakin besar, semakin banyak pula aplikasi yang boleh ada di sebuah smartphone? Belum lagi bukankah semakin banyak aplikasi akan semakin memudahkan kehidupan kita?

Yah, memang. Tidak salah juga kalau ada yang beranggapan seperti itu.

Smartphone Android memang mudah sekali dipakai. Berbagai jenis aplikasi yang bisa menunjang kehidupan berkomunikasi kita sudah tersedia di Google Play Store. Tinggal klik dan satu menit kemudian aplikasi itu bisa dipergunakan.

Sayangnya, hal itu terkadang membuat kita, para pengguna Android menjadi ceroboh dan terlalu banyak memasang aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting dan tidak diperlukan. Padahal, semakin banyak aplikasi yang terpasang pada gadget di tangan kita, semakin besar juga beban yang harus ditanggung si smartphone.

Memory memang besar, tetapi dengan semakin banyak aplikasi yang ada, maka semakin besar pula data yang harus diproses. Pada akhirnya, tumpukan aplikasi yang idle atau nganggur akan membuat gadget di tangan kita berjalan lebih lamban dari biasanya. Jangan lupa bahwa meski terlihat tidak dipergunakan, ada aplikasi yang berjalan di belakang latar dan tetap "memakan" memory. Dam, tentunya ruang penyimpanan yang semakin mengecil juga.

Jadi, melakukan uninstall aplikasi tidak terpakai pada Android adalah hal yang perlu secara rutin dilakukan, setidaknya 6 bulan sekali. Semua untuk memastikan gadget kita berjalan dengan kecepatan maksimum dan tidak membuat kita menjadi bete karena lemotnya.

Nah, untuk OPPO A3s yang pada update terakhir memakai sistem operasi Android 8.0.1 atau yang dikenal dengan Android Oreo, untuk membuang aplikasi nganggur, caranya mudah. Hanya perlu mengklik beberapa tab saja.

Cara Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai di OPPO A3s (Android Oreo)

(i) Cari menu SETTING ; saya meletakkannya di halaman awal karena Setting atau Pengaturan kerap dipergunakan



(ii) Masuk ke Setting dnegan jalan meng-KLIK. Tampilannya akan seperti di bawah ini



(iii) Pilih Menu APP MANAGEMENT. Tampilan layar akan menampilkan berbagai nama aplikasi

(iv) Pilih aplikasi yang mau di-uninstall, contohnya saya hendak membuang REGRANN yaitu aplikasi untuk melakukan repost pada Instagram (jarang dipakai karena saya tidak sering repost)


(v) Layar smartphone akan menampilkan nama aplikasi dan kemudian di bawahnya ada dua pilihan, yaitu "FORCE STOP" dan "UNINSTALL"



(vi) Karena tujuannya adalah hendak membuang aplikasi tak terpakai, maka klik UNINSTALL. Jangan takut, kalau perlu lagi barulah kita install lagi

(vii) tunggu beberapa saat dan aplikasi sudah tidak ada lagi. Cek halaman depan atau tempat dimana biasa berada, kalau uninstall berjalan lancar maka icon aplikasi sudah tidak akan nongol lagi.

Nah, begitulah cara UNINSTALL aplikasi di OPPO A3s (Android Oreo).

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel