[Foto] Perjuangan Para Relawan Peduli Ciliwung Memunguti Sampah

[Foto] Perjuangan Para Relawan Peduli Ciliwung Memunguti Sampah

Siapapun Anda, berpikirlah lebih lama sebelum membuang sampah sembarangan, seperti ke jalan atau sungai. Bukan hanya karena hal itu akan menyebabkan pemandangan menjadi kotor dan tidak enak dilihat, tetapi juga karena apa yang Anda lakuka akan membuat repot orang lain, bahkan membahayakan jiwa mereka.

Contoh paling nyata adalah banjir yang terjadi di Jakarta belum lama ini, dimana ratusan ton sampah akhirnya menggunung tertahan di pintu air Manggarai. Ribuan orang repot dan terancam kehidupannya karena keteledoran dalam membuang sampah ke sungai.

Ada banyak hal lain yang tidak terekspose terkait betapa repotnya banyak orang akibat pembuangan sampah sembarangan dan tidak pada tempatnya. Hal itu bisa dilihat dari perjuangan para relawan Peduli Ciliwung Kota Bogor yang harus bersusah payah memunguti berbagai benda di sepanjang aliran.

Mereka bukan hanya memunguti saja. Butuh lebih dari itu karena terkadang Kali Ciliwung berada beberapa puluh meter di bawah jembatan.

Aksi kerja bakti para relawan di kawasan Jembatan Satu Duit bulan Februari yang lalu sempat terekam kamera. Bahu membahu bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bogor dan juga PMI, mereka bekerja sama mencoba membersihkan aliran sungai di wilayah itu dari timbunan sampah.

Begini aksi mereka dalam foto.

[Foto] Perjuangan Para Relawan Peduli Ciliwung Memunguti Sampah


[Foto] Perjuangan Para Relawan Peduli Ciliwung Memunguti Sampah

[Foto] Perjuangan Para Relawan Peduli Ciliwung Memunguti Sampah

Jangan pernah lupa bahwa selain pintu air, jembatan juga merupakan penghalang bagi aliran air sungai dan sampah akan banyak tersangkut di bagian bawahnya. Tidak terlihat, tetapi sedikit demi sedikit jumlahnya membesar dan menjadi timbunan yang pada akhirnya membahayakan jembatan itu sendiri.

Mengumpulkan sampah di area dangkal saja sudah merepotkan dan kerap bisa mengamcam jiwa orang yang melakukannya, terutama apabila arus sungai membesar. Apalagi mencoba mengambil sampah yang menumpuk belasan meter di bawah jembatan. Bukan hanya perlu keberanian dan keiklasan, tetapi juga butuh skill dan keterampilan khusus.

[Foto] Perjuangan Para Relawan Peduli Ciliwung Memunguti Sampah

Apa yang dilakukan oleh para relawan Peduli Ciliwung ini tidak beda dengan usaha menyelamatkan jiwa orang saat ada bencana banjir. Mereka bertaruh "jiwa" mereka sekedar untuk memastikan hasil keteledoran orang lain tidak menjadi bencana.

Meski, usaha mereka belum "berhasil" mencegah banjir melanda tempat lain, seperti Jakarta, tetapi setidaknysa usaha mereka bisa mengurangi dampak dari kemalasan banyak orang untuk membuang sampah secara layak.

Dan, semoga, dengan mengetahui sedikit perjuangan para relawan peduli lingkungan ini, setidaknya siapapun Anda bisa teringat, bahwa ketika Anda membuang sebuah gelas plastik bekas air mineral, atau apapun yang Anda tidak gunakan lagi secara serampangan, hal itu bisa merepotkan banyak orang dan bahkan mengancam nyawa mereka.

Mari, biasakan membuang sampah secara baik dan benar agar para relawan peduli lingkungan ini tidak perlu repot mempertaruhkan dirinya. Sekedar untuk memunguti sesuatu yang seharusnya merupakan tugas kita untuk membuangnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel