Hidup Butuh Keberanian Untuk Mencoba - Vincent Van Gogh

Hidup Butuh Keberanian Untuk Mencoba  - Vincent Van Gogh

Pernahkah membayangkan bagaimana hidup kita kalau kita tidak pernah berani mencoba? Pastinya, kita akan tetap hidup dalam ruangan terbatas saja, di dalam kamar atau rumah, tidak punya teman, tidak bisa melihat keindahan dunia, tidak bisa memiliki pasangan, dan banyak hal lainnya.

Kita bisa hidup seperti sekarang pergi kesana kemari, belajar di sekolah karena menjalani apa yang menjadi kodrat manusia, yaitu untuk belajar dan berani mencoba segala sesuatu.

Itulah yang disampaikan oleh Vincent Van Gogh dalam salah satu kutipannya yang menekankan bahwa hidup adalah tentang mencoba dan bereksperimen. Ia mengatakan :

What would life be if we had no courage to attempt anything?
Sulit dibayangkan tanpa keberanian untuk mencoba keluar dari rumah dan bergaul, akankah kita punya teman, kawan, sahabat, dan bahkan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Pandangan hidup seperti inipun berlaku untuk hal-hal lainnya, seperti dalam berbinis atau berkarir. Tanpa adanya semangat dan keinginan untuk mencoba maka sebuah bisnis tidak akan bisa lahir , berjalan, dan berkembang.

Tanpa keberanian itu, bisnis hanya akan tetap ada di khayalan saja dan tidak pernah direalisasikan.

Banyak orang takut untuk gagal dan sakit. Oleh karena itu, mereka terkadang memutuskan untuk berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa. Dengan begtiu mereka akan terhindar dari yang namanya gagal dan jatuh.

Sayangnya, tanpa kegagalan dan kejatuhan itu, manusia berarti tidak dapat belajar dan memperbaiki diri. Tidak juga tahu pemecahan dari masalah yang dihadapinya. Ia akan terdiam di satu tempat, stagnan, dan tidak bergerak kemanapun.

Apa yang dikatakan Van Gogh, pelukis yang akhirnya bunuh diri ini, mencerminkan hal dasar yang harus dimiliki setiap manusia, yaitu untuk berani mencoba, belajar, dan terus maju, hingga ajal datang.

Anda setuju dengan pandangan ini? Saya setuju.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel