Jangan Takut Kotor Kalau Mau Mendapat Foto Yang Menarik

Anda ingin mendapat foto yang menarik dan enak dilihat? Boleh saran tentang sebuah hal kecil saja? Tidak susah kok untuk melakukannya. Sarannya adalah "JANGAN TAKUT KOTOR".

Jangan Takut Kotor Kalau Mau Mendapat Foto Yang Menarik
Marfudin Dower - Fotografer Dari Depok
Bukan apa-apa, tetapi ketika Anda takut celana atau baju kotor terkena lumpur atau debu, maka berarti Anda membatasi diri sendiri. Dan, pada akhirnya justru akan menyulitkan untuk bisa mendapatkan hasil foto yang menarik dan tidak biasa.

Salah satu hal yang sangat disadari oleh para penggemar fotografi atau fotografer profesional adalah sudut pengambilan foto itu penting dan berpengaruh besar terhadap hasil sebuah foto. Meskipun obyeknya bagus dan cantik, tetapi kalau dipotret dari sudut yang "biasa" saja, ya hasilnya akan "biasa" saja.

Biasa dalam hal ini adalah seperti yang umum dilakukan oleh masyarakat awam, yaitu dengan berdiri dan kamera sejajar dengan obyek dan mata. Sebuah foto yang diambil dengan cara standar seperti ini, hasilnya biasanya tidak akan terlalu memuaskan bagi seorang fotografer.

Oleh karena itu, biasanya para fotografer akan berjuang untuk mendapatkan sudut pemotretan yang baik dan bisa menghasilkan sesuai dengan ide yang dia mau. Kadang dari bawah, samping, belakang, dan masih banyak lagi opsi angle (sudut).

Seringnya, mau tidak mau hal itu harus membuat seorang fotografer merelakan baju atau celananya kotor. Tidak jarang sudut pemotretan yang bagus harus dilakukan dengan tengkurap di tanah berdebu. Tidak jarang juga berarti ia harus mau berendam dalam air sungai dan lumpur atau juga turun ke sungai.

Seperti contoh foto tumpukan sampah di bawah ini.

Jangan Takut Kotor Kalau Mau Mendapat Foto Yang Menarik

Tidak mungkin mendapatkan hasil dan gambar sedekat itu dari jarak jauh karena terhalang oleh perumahan padat penduduk. Hasilnya tidak akan seperti ini.

Foto di atas diambil dengan cara yang memotretnya turun menyusuri sungai dan mengambil dari jarak dekat. Dampaknya bagi sang fotografer adalah celana dan sepatu basah oleh air sungai yang kecoklatan.

Tetapi, hasilnya memuaskan bagi yang memotret dan sesuai dengan ide yang ingin disampaikan, yaitu betapa kotornya kali Ciliwung dan betapa joroknya penduduk di wilayah itu.

Celana dan baju kotor adalah sebuah hal yang biasa dan umum dialami oleh fotografer. Selama hal itu menghasilkan foto yang menarik, hal itu tidak terasa. Paling-paling istri di rumah ngomel karena susah mencucinya.

Intinya, kalau Anda sejak awal sudah takut kotor, maka berarti Anda mempersulit diri sendiri. Sudut pengambilan fotonya tidak akan sebanyak mereka yang mau berkotor-kotoran ria.

Nah, jadi, siapkah Anda berkorban untuk membuat foto yang menarik?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel