Menambahkan Fitur DSLR Pada Kamera Smartphone Dengan Aplikasi Camera FV-5 Lite

Menambahkan Fitur DSLR Pada Kamera Smartphone Dengan Aplikasi Camera FV-5 Lite

Kamera smartphone itu sangat berguna, tetapi memiliki banyak sekali keterbatasan, terutama dalam hal fitur yang bisa dipergunakan. Jika dibandingkan dengan kamera DSLR atau Mirrorless, maka akan terlihat bahwa fitur yang disediakan kamera smartphone manapun akan kalah jauh. Bisa dimengerti mengingat smartphone fungsi utamanya adalah untuk komunikasi dan hiburan, bukan untuk fotografi.

Apalagi kalau smartphonenya berada di dalam kategori murah meriah, alias kategori rendah dan bukan yang tinggi seperti Samsung Galaxy S9 atau iPhone. Fiturnya lebih terbatas lagi.

Meskipun demikian, ada satu cara bagi siapapun yang ingin "sedikit" merasakan fitur DSLR pada kamera smartphone. Caranya dengan mempergunakan aplikasi Android yang banyak dibuat untuk menunjang kehadiran sang ponsel pintar di dunia.

Salah satu aplikasi Android yang bisa membuat penggunanya merasakan sedikit cita rasa fitur kamera DSLR atau Mirrorless pada gadget Android yang dimilikinya adalah Camera FV-5 Lite atau Pro. Yang pertama adalah versi gratisan dan yang kedua versi berbayar.

Tentunya yang terakhir akan menghadirkan fitur yang lebih banyak, tetapi bagi Anda yang sekedar ingin mencicipi dan mengetahui sekilas saja bagaimana fitur DSLR, seperti shutter speed, pengaturan ISO, White Balance, maka versi gratis pun sudah mencukupi.

Silakan install aplikasi ini dengan cara

1. Klik icon Google Play Store
2. Masukkan frase " Camera FV-5 Lite"
3. Ketika sudah ditemukan aplikasinya, klik "INSTALL"
4. Akan tampil pop up menanyakan "PERMISSION", klik ACCEPT


5, Aplikasi sudah terinstall dan siap digunakan

Fitur DSLR apa saja yang bisa digunakan dengan Camera FV-5 Lite ini.

a) Pengaturan ISO

Pada OPPO A3, pengaturan ISOnya hanya auto, tetapi dengan aplikasi ini, maka ISO bisa diatur sesuai dengan kemauan. Batasannya cukup tinggi, yaitu ISO 3200.

Bisa mengatur ISO seperti ini akan berguna sekali ketika memotret karena bisa menyesuaikan dengan situasi cahaya. Jika terlalu gelap, maka ISO bisa ditinggikan sampai 3200, yang berarti lebih sensitif cahaya. Pada saat cahaya banyak, ISO dibuat serendah mungkin agar tidak terlalu terang hasilnya.

Menambahkan Fitur DSLR Pada Kamera Smartphone Dengan Aplikasi Camera FV-5 Lite

b) Burst Mode

Fitur ini bisa membuat smartphone melakukan pemotretan secara beruntun dalam waktu singkat. Sangat berguna ketika memotret obyek yang bergerak dimana sekali menekan tombol shutter dan menahannya kamera akan terus memotret sampai tombol dilepas.

c) White Balance

Sumber cahaya yang berbeda bisa membuat warna putih terlihat berbeda pula. Contohnya warna lampu kerap membuat hasil foto terlihat agak "kuning". Dengan fitur ini, maka warna putih bisa disesuaikan

d) Timer

Akan berguna dengan tripod atau monopod. Kamera bisa diatur agar melakukan pemotretan beberapa detik setelah tombol shutter ditekan.

Penting kalau Anda mau memotret grup dan Anda ada di dalam foto itu.

e) Pengaturan Focus

Biasanya setting focus OPPO A3s hanya auto saja, alias ponselnya yang mengatur. Dengan Camera FV-5 Lite, maka pengguna smartphone lah yang mengatur sendiri. Mau auto atau untuk portrait, dan beberapa opsi lainnya.

Menambahkan Fitur DSLR Pada Kamera Smartphone Dengan Aplikasi Camera FV-5 Lite

Masih ada beberapa fitur lain yang sebelumnya tidak ada menjadi ada.

Dengan ini berarti aplikasi tersebut menambahkan fitur DSLR pada kamera smartphone si OPPO A3. Aplikasi ini sangat berguna kalau ditambahkan pada ponsel pintar kelas bawah karena biasanya pada smartphone kelas atas, fitur kameranya sudah lebih banyak dan beberapa hal di atas sudah tercakup di dalamnya.

Tapi, jangan diharapkan bahwa semua fitur kamera DSLR atau Mirrorless akan hadir di ponsel Anda. Bagaimanapun kamera smartphone memang sangat terbatas dan belum bisa menyamai kamera DSLR. Tetapi, setidaknya dengan tambahan aplikasi ini, seorang pemotret bisa menjadi lebih kreatif lagi.

Juga, jangan langsung berharap bahwa hasil fotonya akan menjadi bagus. Bagaimanapun, foto yang bagus dan enak dilihat tergantung pada banyak hal, seperti kreatifitas yang memotret, pengetahuan, skill dan lain sebagainya.

Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel