Mengapa Pakaian Bayi Sebaiknya Terbuat Dari Bahan Katun?

Mengapa Pakaian Bayi Sebaiknya Terbuat Dari Bahan Katun?

Ibu-ibu dan bapak-bapak sebaiknya Anda semua mau memperhatikan hal kecil ini apabila Anda memiliki debay (dede bayi) di rumah. Pada saat membeli pakaian, kalau boleh memberi saran, saya akan menyarankan untuk membeli pakaian bayi yang terbuat dari bahan katun. Jangan yang terbuat dari Polyester atau TC. (Tahukan apa itu kain TC? Kalau tidak silakan baca "Apa itu kain TC? Kain yang murah dan mudah mengurusnya")

Ada alasan tersendiri mengapa kain katun lebih baik bagi seorang bayi dibandingkan bahan lainnya.

Salah satu hal yang terpenting adalah tentang kenyamanan. Maklum kan, bahwa debay itu belum bisa berbicara dan kalau terjadi sesuatu yang membuatnya tidak nyaman, dia hanya bisa menangis tanpa bisa menjelaskan alasannya. Belum lagi sebuah fakta bahwa kulit bayi masih sangat sensitif dan bahan baju yang tidak tepat akan bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan dirinya.

Janganlah hanya memperhatikan harga yang murah karena terkadang nilai rupiah yang rendah diimbangi dengan kualitas bahan yang tidak rendah pula.

Nah, bahan katun memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya cocok untuk dijadikan pakaian bayi.

1. Ruang bernafas (bisa ditembus udara dari luar). 

Istilah tekstil dalam bahasa Inggrisnya adalah "breathable" alias bisa bernafas. Bukan bernafas betulan, tetapi istilah ini merujuk bahwa kain itu bisa ditembus oleh udara dari luar.

Hal ini berbeda dibandingkan jika menggunakan polyester atau bahan sintetis lainnya. Kain dengan serat buatan sulit ditembus udara. Pada akhirnya akan membuat baju yang terbuat darinya menyebabkan pemakainya merasa gerah.

Coba saja kalau tidak percaya gunakan kain yang terbuat dari 100% polyester/nylon atau TC. Rasa gerah itu akan hadir.

Dan, kalau kain dari serat sintetis dipakai untuk debay, bisa dibayangkan rasa gerah yang dialaminya. Bisa menjadi penyebab dirinya merasa tidak nyaman dan menangis.

2. Tidak menyebabkan iritasi

Serat alami seperti katun memiliki tekstur yang lembut dan halus. Dan, sifatnya yang seperti ini sangat cocok sekali dengan kulit bayi yang masih sensitif tadi. Tidak akan menyebabkan iritasi pada kulitnya.

Sebaliknya, serat sintetis, sifatnya yang kaku bisa menjadi penyebab iritasi jika tergesek pada kulit bayi yang sensitif.

Kalau sudah gerah dan iritasi, pastinya debay akan merasa tidak nyaman sama sekali.

Itulah mengapa sebaiknya membeli pakaian bayi yang terbuat dari katun dan bukan serat sintetis. Memang biasanya agak lebih mahal sedikit, tetapi demi kenyamanan debay (yang juga kenyamanan kita), rasanya hal itu pantas untuk ditebus.

Iya kan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel