Mengenal Aspect Ratio / Rasio Aspek 1 : 1 Dalam Fotografi

Dunia fotografi memiliki banyak sekali istilah dan sebagian besar diambil dari istilah bahasa Inggris. Terkadang hal ini membingungkan, meski sebenarnya sederhana dan sebagian besar dari kita pernah mengetahuinya.

Salah satu istilah yang kerap membuat bingung adalah terkait "Aspect Ratio" atau Rasio Aspek dalam bahasa Indonesianya. Banyak yang bingung, terutama mereka yang baru belajar fotografi tentang seperti apa sih contoh nyata dari istilah ini.

Pada dasarnya istilah ini merujuk pada hal sederhana, yaitu rasio perbandingan antara sisi lebar dan sisi tinggi dari sebuah foto. Ingat yah, sebuah foto pasti dua dimensi oleh karena itu akan ada lebar X tinggi (panjang).

Nah, perbandingan itulah yang disebut rasio aspek.

Bila Aspect Ratio-nya 1 : 1 berarti sisi lebar dan sisi tinggi memiliki panjang yang sama. Jadi, bentuk fotonya berupa "bujur sangkar" atau "persegi".

Contohnya seperti di bawah ini.

Mengenal Aspect Ratio / Rasio Aspek 1 : 1 Dalam Fotografi
Foto  : Blacuk.com
Berbeda dengan yang biasa dipergunakan oleh kebanyakan orang saat memfoto yang berupa persegi panjang.

Aspect Ratio 1 : 1 biasanya dipergunakan untuk membuat foto berupa portrait untuk menonjolkan wajah atau bagian dari wajah seseorang agar tampak lebih menonjol. Bisa juga dipergunakan untuk foto produk dimana ruang fotonya dipenuhi oleh image dari produknya.

Keuntungan dari menggunakan rasio aspek yang satu ini adalah tidak banyak ruang kosong sehingga mata yang melihat bisa langsung tertuju pada obyek utamanya.

Meskipun demikian, rasio aspek 1 : 1 bisa juga dipergunakan untuk memotret apapun. Semua akan tergantung pada kreativitas dari fotografernya dalam membingkai obyek. Hasilnya terkadang menjadi lumayan berbeda dibandingkan foto kebanyakan yang memakai bidang melebar.

Mengenal Aspect Ratio / Rasio Aspek 1 : 1 Dalam Fotografi
Tugu Rembang
Untuk memakai setting ini, perlu dilakukan pengaturan khusus karena secara default, kamera biasanya memakai aspect ratio yang melebar.

Untuk kamera DSLR dan Mirrorless silakan masuk ke bagian menu dan ubah settingnya. Kalau di kamera smartphone akan tergantung jenis smartphonenya karena ada yang memakai istilah "square" (persegi).

Silakan dicoba sendiri karena cukup menyenangkan memotret dengan memakai aspect ratio yang satu ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel