Mitos Jembatan Putus Cinta di Kebun Raya Bogor

Boleh percaya, boleh tidak. Ada satu tempat di Kebun Raya Bogor yang mungkin tidak akan mau dilewati oleh mereka yang sedang berpacaran. Lokasinya berada di sebelah Selatan kebun botani seluas 87 hektar itu, tepatnya berada berdempetan dengan Taman Meksiko, taman tematik yang berisi tanaman gurun dan tahan panas. Namanya Jembatan Putus Cinta atau Jembatan Pemutus Cinta.

Bentuknya, bisa dilihat di foto di bawah ini.

Mitos Jembatan Putus Cinta di Kebun Raya Bogor

Semua itu terjadi karena ada mitos yang mengatakan bahwa pasangan manapun yang melewati jembatan itu, maka hubungan kasih mereka akan putus di tengah jalan dan tidak akan selesai sampai ke pernikahan.

Entah darimana mitos itu berasal, tetapi banyak orang percaya tentang hal itu. Banyak pengunjug KRB, yang sedang bersama pacar mereka memilih untuk memutar dan menuju jembatan lain yang berlokasi lebih jauh ketimbang harus melewati jembatan yang satu ini.

Secara fisik, jembatan Putus Cinta ini tidak ada istimewanya. Bentuknya tidak berbeda dengan jembatan suspensi (jembatan yang disangga hanya oleh kawat baja) lainnya. Warnanya merah.

Satu-satunya keistimewaan jembatan ini adalah karena jembatan ini dibangun puluhan tahun yang lalu, sekitar tahun 1927-1930-an ketika Kebun Raya Bogor diperluas melintasi Kali Ciliwung. Tidak tercatat ada cerita-cerita sejarah di masa lalu yang bisa dikaitkan dengan kehadiran mitos bisa memutuskan hubungan kasih antar sepasang manusia.

Mitos Jembatan Putus Cinta di Kebun Raya Bogor

Mitos Jembatan Putus Cinta di Kebun Raya Bogor

Terbukti atau tidaknya mitos tersebut juga sulit diketahui. Pastinya, tidak semua orang yang kisah kasihnya terputus dengan sukarela mau datang ke pengelola KRB dan melaporkannya. Tetapi, beberapa teman memang menyebutkan bahwa hubungan pacaran mereka kandas (katanya setelah melewati jembatan ini), walau tidak disebutkan setelah berapa lama.

Entahlah.

Berani mencoba?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel