Penurunan Trafik Pengunjung Blog Di Bulan Puasa : Wajar Banget!

Penurunan Trafik Pengunjung Di Bulan Puasa : Wajar Banget!
Bulan Puasa kembali tiba. Hari ini hari pertama Ramadhan tahun 2019 dan sejak semalam terlihat efeknya pada semua blog yang berada dalam lingkungan Lovely Bogor. Terjadi penurunan trafik pengunjung yang lumayan dibandingkan sebelum bulan puasa tiba. Paling tidak 30-40% dialami oleh semua blog semalam.

Khawatir?

Sama sekali tidak.

Penurunan trafik pengunjung blog di bulan puasa sealu terjadi dan merupakan kebiasaan dari tahun ke tahun. Mau blog yang berisi tentang pelajaran sekolah, lingkungan, fotografi, atau bahkan tentang Kota Bogor sekalipun, semua terimbas dengan kedatangan bulan Ramadhan.

Dan, hal itu merupakan sesuatu yang wajar banget.

Bagaimanapun, ketika bulan puasa tiba, perhatian akan teralihkan dan lebih terfokus pada bagaimana menjalankan ibadah dengan lebih baik lagi. Berbagai hal seperti mempersiapkan sahur, tarawih, dan segala sesuatu yang merupakan tradisi selama bulan ini akan mendapatkan perhatian lebih dibandingkan membaca blog.

Apalagi, kalau ditambahkan bahwa penyesuaian tubuh karena harus bangun dini hari dan kemudian tidak makan dan minum selama lebih dari 14 jam, pastinya membuat rasa kantuk datang. Sulit untuk berkonsentrasi membaca blog.

Banyak orang pasti akan memilih tidur sejenak di jam istirahat daripada membuka gadget dan membaca tulisan di blog. Dengan begitu badan bisa lebih ringan dan segar.

Tidak heran penurunan trafik pengunjung terjadi selama bulan Ramadhan.

Pada awal bulan puasa, penurunannya lumayan drastis, tetapi perlahan tapi pasti, grafiknya akan membaik, walau tidak 100%, tetapi akan terjadi perbaikan. Di pertengahan bulan puasa, tubuh sudah lebih terbiasa dan dengan begitu, maka perhatian juga bisa agak kembali ke titik normal, walau tidak sepenuhnya. Oleh karena itu tidak heran kalau angka trafik pengunjung akan membaik di pertengahn bulan sebelum kemudian menukik lagi di akhir bulan.

Jadi, jangan khawatir tentang hal yang satu ini. Ini adalah situasi musiman yang tidak bisa dihindarkan. Lagi pula, bukankah lebih baik kita juga mengalihkan perhatian untuk tidak lagi hanya terfokus pada ngeblog. Sayang loh kalau Ramadhan yang datangnya setahun sekali dilewatkan begitu saja tanpa mencoba memperbaiki ibadah kita.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel